Sabtu, 23 April 2016

Tips Mencegah Gangguan Kesehatan Pada Pekerja Shift Malam



Bagi Anda pekerja shift malam, ada beberapa kiat yang bisa Anda terapkan disini agar tidak mudah sakit. Berikut selengkapnya.

Risiko yang ditimbulkan oleh pekerjaanshift malam perlu perhatian lebih. Tidak mungkin bila tidak ada pekerja yang bekerja shift malam. Bayangkan saja jika Anda malam hari sakit atau kecelakaan namun tidak ada dokter, perawat dan polisi yang bertugas? Tentu akan menjadi masalah besar.

Meskipun bekerja dengan jadwal shift merupakan faktor risiko bagi beberapa penyakit, namun hal tersebut hanyalah satu dari beberapa penyebab. Bila Anda memiliki tubuh yang sehat dan prima sejak awal, maka risiko yang Anda miliki akan lebih rendah. (Baca:Gangguan Kesehatan Pada Pekerja Shift Malam)

Bekerja dengan jam kerja yang berlawanan dengan siklus tidur alami akan menyebabkan gangguan tidur dan juga kelelahan kronis, yang nantinya dapat berkontribusi menyebabkan gangguan mood, menurunkan refleks dan kemampuan kognitif serta membuat seseorang lebih rentan terkenan penyakit.

Tentu saja hal tersebut tak serta merta membuat Anda yang bekerja shift malam memutuskan untuk berhenti. Karena tidak perlu khawatir, bila Anda bekerja dengan jadwal shift, ada beberapa hal yang dapat Anda ikuti untuk terhindar dari gangguan kesehatan:

Ada beberapa hal yang dapat Anda ikuti untuk terhindar dari gangguan kesehatan:
  • Pastikan Anda makan yang cukup, sehat dan bergizi.
  • Olahraga yang teratur. Bekerja dengan shiftbukanlah alasan untuk tidak olahraga. Anda dapat melakukan olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu. Olahraga dapat Anda lakukan saat Anda libur.
  • Tidur yang cukup. Salah satu contoh pengaturan jam tidur yang bisa Anda terapkan:
  • Bila Anda bekerja dengan rotasi maka, setiap Anda tidak sedang jaga malam usahakan untuk tidur secara biasa (contoh pukul 22:00 – 06:00). Termasuk saat hari libur.
  • Tidur 30 menit sebe;um shift malam akan membuat tubuh Anda terasa lebih segar, namun jangan sampai lebih dari 30 menit karena akan membuat Anda susah dibangunkan dan merasa lebih mengantuk saat bangun. Kecuali Anda menyelesaikan satu siklus tidur yaitu 90 menit.
  • Pastikan bayar hutang tidur selesai bekerja. Apapun alasannya kekurangan tidur akan menimbulkan masalah sehingga kebutuhan alami tubuh untuk tidur tidak dapat diabaikan.
  • Pastikan untuk mengatur pencahayaan yang masuk ke kamar tidur Anda agar tidak terlalu terang. Saat pulang dari tempat kerja pun Anda dapat menggunakan kacamata hitam untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata.
Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan berkala ke dokter. Pekerja shift malam membutuhkan pemantauan lebih dari dokter. Bila Anda mengalami kesulitan tidur mungkin dokter akan memberikan terapi tambahan.

(sumber:http://www.klikdokter.com/healthnewstopics/berita-terkini/tips-mencegah-gangguan-kesehatan-pada-pekerja-shift-malam)