Selasa, 12 April 2016

Nih Dia Khasiat Buah Kecapi yang Bisa Bikin Anda Terkejut



Buah Sentul atau Kecapi adalah buah yang berasal dari semenanjung Malaka yang kemudian menyebar sampai ke Indonesia.

Selain cukup sulit dijumpai di Indonesia, Sentul juga merupakan buah yang cukup sulit apabila kita hendak mengkonsumsinya karena kulit buah sentul begitu keras dan agak susah dibuka. 

Bahkan biasanya jika orang yang ingin segera mengonsumsinya, harus menjepitkan buah ini ke pintu atau membantingnya ke lantai agar kulit buahnya pecah dan bisa diambil daging buahnya untuk dikonsumsi.

Buah sentul memiliki nama latin Sandoricum koetjape, bentuknya pipih tapi cenderung bulat, diameter buahnya sekitar 5 cm, berwarna kuning keemasan, dan adanya bulu halus yang menempel di kulit.

Untuk daging buahnya, bagian luar dagingnya berwarna merah, agak keras dan rasanya sedikit asam bila dikonsumsi. Tapi, pada bagian daging buah yang dalam warnanya putih, lengket dengan biji, serta rasanya lebih manis.

Biasanya dalam satu buah kecapi akan ada kurang lebih 3 biji berwarna coklat berbentuk seperti telur. Pohon buah sentul ini termasuk pohon yang cukup besar.

Tingginya bisa sampai 30 meter dan begitu rimbun dengan daun-daun pada pohonnya. Daun itu berukuran sampai 18 cm, bentuknya majemuk atau bulat tapi meruncing.

Sementara itu, bunga pohon sentul terletak pada ketiak daun, warnanya kuning-kuning agak kehijauan dan baunya lumayan harum.

Sebenarnya ada cukup banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah ini, salah satunya adalah untuk dikonsumsi langsung, dijadikan manisan, selai, jelly marmelade, pengharum alami, dan untuk rujak.

Sementara itu dalam hal kesehatan, Sentul juga memiliki kandungan zat polifenol. Zat polifenol inilah yang dipercaya bisa mencegah resiko terkena kanker dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, juga diyakini bisa mencegah kepikunan dini atau Alzheimer. Kini buah ini juga sudah sangat jarang ditemukan.

(Sumber:http://warungkopi.okezone.com/thread/522449/nih-dia-khasiat-buah-kecapi-yang-bisa-bikin-anda-terkejut)