Sabtu, 23 April 2016

8 Hal ini Perlu Kamu Hindari, Jika Ingin Pendamping Hidupmu Kelak Adalah Lelaki yang Shalih



Menjadi seorang muslimah adalah anugerah yang bertabur banyak sekali kemuliaan yang Allah berikan. Baik dari mulai lahir ke dunia hinggga menjadi istri dan juga menjadi seorang ibu bahkan nenek di suatu hari kelak. Tak sedikit yang menginginkan bisa menjadi muslimah hebat yang membahagiakan orang tua, membanggakan masyarakat sekitar serta menjadi idaman bagi para lelaki sholeh. Namun sangat sedikit sekali yang benar-benar serius menyiapkan dan memantaskan diri untuk itu sehingga keinginan dan harapan hanya tinggal ucapan di bibir saja.

Setiap laki-laki yang shaleh tentu meng-idamkan wanita yang shaleha yang akan menjadi istrinya dan juga ibu bagi anak-anaknya. Dan, untuk menjadi wanita shaleha dan menjadi idaman laki-laki sholeh bukanlah hal yang sulit, sangat sederhana dan mudah selama ada kemauan. Salah satunya caranya adalah dengan menghindari 8 hal berikut :

1. Jauhi Sifat Malas dan Suka Buang-buang Waktu
Hal pertama yang harus dihindarkan adalah sifat malas serta kebiasaan membuang-buang waktu apakah itu berlama-lama menonton sinetron ataupun gosip infotaiment di televisi, menghabiskan waktu bersama gadget dengan stalking-stalking sosmed tanpa tujuan yang jelas, melamun, menghabiskan waktu di mall, serta hal-hal lain yang sangat tidak produktif lainnya.

Manfaatkanlah waktu dengan mengisi hal produktif serta penuh manfaat apakah itu belajar, membaca buku, membantu orang tua serta hal-hal produktif lainnya. Selalu ingat kalau waktu itu sangat berharga bahkan jauh lebih berharga daripada emas dan permata sekalipun. Selain itu keterampilan manajemen waktu adalah keterampilan wajib seorang calon istri dan ibu karena setelah menikah kelak seorang istri harus pintar mengelola waktu dalam menjalankan perannya.

2. Hindari Sifat Mata Duitan
“Ada uang abang sayang, tak ada uang abang melayang”
Tentu kita semua sudah familiar dengan quote diatas, memilih calon suami yang mapan itu harus namun perlu diingat jangan sampai jadi wanita yang mendewakan harta dan selalu menjadikan harta sebagai pertimbangan utama dalam mengambil keputusan termasuk juga dalam memilih calon suami. Muslimah yang baik tentu menjadi agama dan ketaatan pada Allah SWT yang menjadi acuan utama dan pertamanya.

3. Jangan Suka Ngerumpi
Bukan lagi menjadi rahasia salah satu kebiasaan buruk wanita ketika ngumpul dengan teman-temannya adalah menjelekkan teman yang lain, atau mungkin menceritakan kejelekan orang lain. Wanita Allah beri kelebihan lebih cerewet bahkan menurut penelitian wanita dalam 1 hari berbicara lebih kurang 20.000 kata atau hampir 3 kali lipat dari kaum pria.

Semestinya kelebihan yang Allah berikan ini dijadikan sebagai sarana manfaat seperti mengingatkan sahabat, menebar nasihat, mendiskusikan kebaikan dan menyampaikan hal-hal baik lainnya. Sangat sayang sekali jika 20.000 kata yang terlontar isinya adalah fitnah, ghibah, cemoohan serta kata-kata buruk lainnya.

4. Jangan Suka Foya-foya
Hati – hati bagi para muslimah agar tidak terpengaruh oleh gaya hidup barat (hedonisme) , selalu mengutamakan materi, selalu mengejar sensasi dibanding esensi, mudah terpengaruh serta gengsian. Gaya hidup barat ini terlihat dari kebiasaan memakai pakaian atau asesoris branded dengan harga selangit, makan dan

konsumsipun harus yang branded dan ala barat, menghabiskan waktu untuk shopping di mall-mall atau nongkrong di cafe-cafe. Laki-laki sholeh tentu akan sangat menghindari muslimah-muslimah dengan kategori seperti ini.

5. Jangan Acak-acakan Dalam Penampilan 
Muslimah idaman laki-laki sholeh akan selalu menjaga kebersihan badannya, rapi dalam berpenampilan dan tentu juga syar’i. Cantiknya seorang muslimah yang shaleha adalah menentramkan hati, menenangkan pikiran serta menundukkan pandangan laki-laki yang ingin memandangnya. Selain dalam berpenampilan ia juga terampil merawat tempat tinggalnya, sehingga tempat tinggalnya rapi, bersih, nyaman dan menyenangkan. Inilah muslimah yang di idam-idamkan oleh laki-laki sholeh , orang yang akan membersamainya untuk membangun rumah sederhana serasa syurga di dunia.

6. Hindari GEGANA *Gelisah, Galau Merana
Masih ingat singkatan GEGANA ? Ya, Gelisah, Galau dan Merana. Seorang muslimah seharusnya harus jauh-jauh dari hal ini. Jangan sampai hidup hari ini selalu dibayang-bayangi oleh kehidupan masa lalu sehingga dalam keseharian mudah sedih, gampang menangis, suka melamun, gelisah, dan galau tak berujung. Muslimah yang diidam-idamkan oleh seorang laki-laki sholeh tentu muslimah yang tegar, tidak larut dengan masa lalu dan optimis menatap masa depan.

7. Jangan Terlalu Selektif Dalam Memilih Jodoh
Memiliki standar tertentu dalam memilih jodoh itu penting tapi jika terlalu pilih-pilih jodoh dengan harapan ingin mendapatkan yang sempurna tentu sudah tak wajar lagi. Hal penting yang perlu diyakini sebelum menikah adalah jodoh yang sempurna itu adalah satu hal yang mustahil kecuali kita mau menerimanya dengan hati yang sempurna serta sama-sama menyempurnakan ikhtiar untuk membangun rumah tangga bersama. Dan, biasa laki-laki akan malas dengan muslimah yang terlalu pilih-pilih jodoh ini.

8. Jangan Menunda Pernikahan
“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian
ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi )

Saat ini banyak musmilah yang menunda pernikahannya dengan alasan-alasan yang klise seperti belum cinta, mau kuliah dulu, fokus karir dulu, laki-lakinya nggak kaya dan alasan-alasan klise lainnya, padahal jauh-jauh hari Rasulullah SAW telah mengingatkan jika datang laki-laki yang baik agamanya, akhlaknya maka nikahkanlah. Disebutkan juga diakhir hadits jika tidak maka akan terjadi fitnah dimuka bumi. Ini artinya Rasulullah SAW ingin pernikahan sebagai penjaga kaum muslimah dari fitnah dunia beserta keburukan-keburukannya.

Itulah 8 hal yang jangan dilakukan dan dihindari agar laki-laki sholeh segera menemuimu atau Allah yang akan mempertemukannya denganmu. (Sumber:reportaseterkini.net)