Selasa, 12 Januari 2016

Tiga Menjalani Tips Bisnis Rumahan yang Hebat

Tips bisnis rumahan dapat menjadikan Anda mengoptimalkan usaha rumahan skala kecil dan menengah yang saat ini sedang dikelola. Tidak sedikit pebisnis pemula yang hanya ikut-ikutan saja dalam menjalankan bisnisnya. Mereka tidak melakukan tahap planning atau perencanaan secara matang. Jika seperti itu, tidak menutup kemungkinan umur bisnisnya tak akan lama. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memperhatikan dan mempraktikkan beberapa tips bisnis rumahan di bawah ini.

1. Memilih produk untuk dijual
Sebuah produk dapat berwujud barang atau jasa yang nantinya dijual kepada konsumen. Pemilihan produk yang akan dijual perlu memperhatikan beberapa batasan. Misalnya, produk tersebut bermanfaat tinggi, dibutuhkan banyak orang, serta ada keunikan khas tersendiri. Dengan begitu, konsumen akan tertarik untuk membeli atau memesannya. Bukan hanya karena membutuhkannya saja, tetapi juga ingin mengenal lebih dekat ciri khas dari produk tersebut.

2. Harga produk yang lebih terjangkau
Tips bisnis rumahan berikutnya berkaitan dengan harga produk. Setiap produk yang dijual tentu dibandrol oleh pihak produsen atau penjual dengan harga tertentu. Dari harga itulah, penjual bisa mendapatkan keuntungan. Namun demikian, jangan pernah membandrol sebuah produk dengan harga terlalu tinggi hanya untuk mengincar banyak keuntungan. Jika caranya seperti itu, malahan sebaliknya produk yang bersangkutan tidak akan laku di pasaran karena harga yang terlalu mahal. Oleh karena itu, bandrolah harga produk yang sewajarnya. Jika perlu, berilah harga yang lebih terjangkau untuk semua kalangan. Namun demikian, Anda sebagai penjual juga perlu mempertimbangkan keuntungan yang nanti didapatkan.

3. Mengoptimalkan ajang promosi
Semakin gencar promosi yang dilakukan, sangat mungkin kepopuleran sebuah produk makin meningkat. Dengan begitu, angka penjualannya meningkat secara signifikan. Promosi dapat dilakukan di dunia nyata maupun dunia maya. Silakan dimaksimalkan segala media yang ada, terutama yang mengandalkan teknologi internet. Pasalnya, terdapat fitur jejaring sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk ajang promosi. Sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya bisa Anda pakai untuk mempromosikan produk agar lebih dikenal luas. Itulah beberapa tips bisnis rumahan.