Minggu, 10 Januari 2016

Merintis Usaha Peternakan Bermodal Kecil yang Menguntungkan

Usaha peternakan menjadi bidang bisnis yang cukup menguntungkan saat ini untuk dijalankan. Cangkupannya begitu luas karena bukan hanya memelihara ternak hewan saja, seperti ayam, bebek, itik, burung puyuh, dan sebagainya. Ada juga ternak hewan berkaki empat, seperti sapi, kambing, atau yang lainnya.

Namun lebih dari itu, dikarenakan hasil ternakannya dalam wujud telur, daging, atau susu juga dapat dijual atau diolah kembali. Daging dan telur bisa langsung dijual kepada pengepul atau pemasok di pasar-pasar. Sementara jika diolah kembali, tentu menjadi sebuah hidangan kuliner yang lezat dan nikmat.

Itulah peluang besar dari usaha peternakan yang bisa ada pilih dan kembangkan. Namun demikian, perencanaan dalam berbisnis di bidang peternakan harus dilakukan semaksimal mungkin agar hasil yang didapatkan juga tidak mengecewakan.

Bagaimana dengan modal yang dibutuhkan?

Sebuah modal usaha memang sangat menentukan baik buruknya sebuah peluang bisnis akan dijalankan. Apalagi jika bisnis itu relatif baru, sehingga memang sangat membutuhkan berbagai komponen yang dibutuhkan.

Namun, Anda pun sebenarnya bisa memulai bisnis di bidang peternakan ini dengan bermodal kecil. Anda tidak perlu beternak hewan besar atau jenis unggas dalam jumlah banyak. Anda cukup menjadi pengepul kecil-kecilan dari produk daging, susu, atau telur yang dihasilkan dari hewan peternakan tersebut.

Sebagai contoh, Anda menjadi pengepul telur ayam yang nanti dijual kembali kepada para pedagang di pasar-pasar tradisional atau modern. Contoh yang lain, Anda bisa memproduksi telur asin dari telur-telur bebek yang didatangkan langsung dari peternaknya. Tentu saja Anda harus memiliki skill atau keterampilan pengolahan telur asin tersebut. Apalagi jika kualitas telur asinnya bagus, sudah pasti digemari banyak orang.

Usaha peternakan yang menguntungkan

Setiap pebisnis pasti menginginkan usaha yang dijalankannya terus mendatangkan keuntungan besar. Untuk mewujudkannya, Anda membutuhkan ketangguhan, kejelian, serta kerja keras pantang menyerah. Begitu juga saat Anda menggeluti bisnis peternakan, hal-hal yang disebutkan perlu dipahami dan diapliaksikan langsung dan tepat sasaran. Dengan begitu, keuntungan berlipat bisa didapatkan dalam mempraktikkan usaha peternakan.