Selasa, 12 Januari 2016

Merintis Usaha Fotocopy dengan Perhitungan Modal Usaha yang Tepat



Usaha fotocopy semakin menarik untuk digeluti karena tidak sedikit orang yang membutuhkan jasa terkait tulis menulis ini. Biasanya, fotocopy banyak dibutuhkan oleh mereka yang masih sekolah, kuliah, maupun perkantoran umum. Berbagai dokumen digandakan dengan mesin fotocopy untuk berbagai keperluan.

Mulai dari catatan, buku pelajaran, naskah, hasil ketikan, dan lain sebagainya. tarif fotocopy juga bervariasi per lembarnya. Tergantung dari jenis kertas yang dipakai saat memfotocopynya. Misalnya, fotocopy memakai jenis kertas HVS tentu harganya lebih mahal, dibanding dengan kertas buram. Semakin banyak halaman dokumen yang difotocopy, maka biaya yang dibebankan kepada konsumen juga semakin tinggi. Inilah peluang bisnis bagi Anda sekalian yang ingin menindaklanjutinya.

Apa saja yang dibutuhkan dalam merintis usaha fotocopy?

Ada beberapa komponen penting sebelum Anda menjalankan bisnis fotocopy. Mesin fotocopy menjadi yang pertama harus disediakan karena tanpa alat ini tidak mungkin bisa menjalankan bisnisnya. Diperkirakan saja harga satu paket mesin fotocopy baru Rp 8 juta – Rp 10 juta. Jika membeli yang bekas mungkin dibandrol dengan harga Rp 5 jutaan, tergantung kondisinya.

Selain mesin fotocopy, jangan lupa untuk mencari tempat usahanya. Perlu diingat, bisnis yang satu ini mau tidak mau dikelola di dunia nyata karena sifatnya yang langsung. Oleh karena itu, perlu ada tempat usahanya, seperti kios atau los untuk berbisnis. Jika sudah didapatkan tempat usahanya, jangan lupa untuk memeriksa daya listriknya cukup atau tidak. Pasalnya, mesin fotocopy berukuran cukup besar sehingga membutuhkan daya listrik yang sama besarnya.

Memperkirakan modal usaha fotocopy

Jika dilihat dari uraian di atas, Anda mungkin berpendapat jika bisnis fotocopy membutuhkan modal yang cukup besar. Memang benar, dibutuhkan modal minimal  Rp 20 juta – Rp 25 juta untuk memulai bisnis ini, catatan mengunakan mesin fotocopy bekas

Dan dengan asumsi, Anda bisa menemukan tempat usaha yang strategis, seperti dekat dengan sekolah atau perkantoran dengan biaya sewa sekitar Rp 5 jutaan. Sangat beruntung jika Anda memiliki rumah yang lokasinya strategis, sehingga modal untuk menyewa tempat usaha bisa dialihkan kepada kebutuhan lainnya. Itulah sekelumit cerita tentang usaha fotocopy.