Minggu, 10 Januari 2016

Menumbuhkan Kreatifitas untuk Mendapatkan Ide Bisnis Unik


Ide bisnis unik bisa dicari dari berbagai tempat dan media. Bahkan, sebuah ide bisnis dapat ditemukan saat seseorang sedang melakukan kegiatan tertentu. Misalnya, Anda sedang berjalan-jalan bersama teman dan masuk ke dalam toko roti atau kue. Di dalam sana terdapat berbagai kue beraneka ragam, warna-warni, serta rasa manis di lidah.

Anda pun memilki ide bisnis untuk memproduksi dan menjual banana cake yang sedang digandrungi banyak orang. Sebuah kue yang berbentuk mirip pisang, baik warna maupun coraknya. Padahal pisang tersebut termasuk kue bole yang dibentuk menyerupai buah pisang. Akhirnya, eksperimen Anda lakukan untuk menemukan banana cake yang lain daripada yang lain.

Anda pun memutuskan untuk memproduksi banana cake yang berisi buah-buahan segar. Dengan begitu, tercipta kue bole berbentuk pisang yang di dalamnya terdapat cincangan buah-buahan segar, seperti anggur, stroberi, dan lain sebagainya.

Mengapa dibutuhkan ide bisnis unik?

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini dunia bisnis semakin penuh tantangan. Tidak sedikit orang atau pihak yang menggeluti bisnis dengan menjual produk sama. Jika kondisinya seperti itu, maka tingkat persaingan berbisnis semakin naik drastis. Oleh karena itu, setiap pebisnis mengakalinya dengan menemukan ide-ide bisnis yang sifatnya unik dan menarik.

Dengan kata lain, produk barang atau jasa yang ditawarkan sekaligus dijual kepada banyak konsumen cukup berbeda. Berbeda dapat diartikan dalam bentuknya, penyajiannya, konsep penjualannya, atau yang lain. 

Dengan begitu, konsumen luas akan tertarik untuk membeli produk tersebut karena penasaran. Semakin banyak konsumen yang membeli, maka berbanding lurus dengan keuntungan yang di dapatkan oleh pebisnis yang mengelolanya. Itulah yang dimaksud dengan mengaplikasikan sebuah ide bisnis unik untuk mencari keuntungan.

Membutuhkan daya kreatifitas yang unggul

Untuk bisa menemukan ide-ide bisnis yang unik dan menarik, Anda dituntut memiliki daya kreatifitas unggul. Daya kreatif itu bisa ditemukan dengan mengoptimalkan otak sebelah kanan manusia saat berpikir kreatif. 

Anda pun bisa merangsang kekuatan otak kanan agar efektif berpikir kreatif. Misalnya, dengan melihat pemandangan hijau, menonton acara televisi yang menarik, atau melihat sesuatu yang unik. Semua itu dilakukan agar bisa segera ditemukan ide bisnis unik.