Rabu, 13 Januari 2016

Mengenal Dua Jenis Usaha Rumahan Dilihat dari Produknya

Jenis usaha rumahan bagi sebagian orang atau pebisnis cukup bermanfaat informasinya. Sebenarnya mereka dapat menemukan informasi terkait dan lebih lengkap serta mendetail di dunia maya dengan memanfaat teknologi internet.

Namun demikian, tidak ada salahnya juga bertanya dan berkonsultasi dengan beberapa pebisnis yang profesional dan cukup berpengalaman. Mereka itulah yang bisa memberikan ilmu dan melatih secara langsung bagaimana mengelola bisnis rumahan dengan baik sekaligus menguntungkan. 

Perlu Anda ketahui bahwa secara umum ada dua jenis usaha rumahan dilihat dari produk yang dijual kepada konsumen. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak sedikit uraian di bawah ini.

Usaha Rumahan Menjual Produk Barang


Produk barang memang begitu umum untuk diperjualbelikan di tengah masyarakat. Berbagai barang baik dalam bentuk makanan, minuman, obat, pakaian, alat rumah tangga, dan sebagainya. Semua produk itu bisa dijual dalam bisnis rumahan.

Namanya saja bisnis rumahan, sehingga semua aktivitas dalam bisnis hanya dilakukan di dalam rumah. Mulai dari produksi, pengemasan, penjualan, dan yang lainnya. Oleh karena itu, sangat efektif jika bisnis semacam ini dilakukan secara online. Pasalnya, tidak perlu memiliki sebuah tempat usaha khusus untuk menjual produk barang.

Untuk memilikinya, Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit hanya untuk membeli atau menyewanya. Satu pelajaran berharga dari sini dapat Anda temukan bahwa jenis usaha rumahan bisa dilakukan dengan modal kecil.

Usaha Rumahan Menjual Produk Jasa


Selain produk dalam wujud barang, bisnis rumahan juga bisa menjual produk jasa. Dengan kata lain, bukan barang yang dijual, tetapi skill atau keterampilan yang ditawarkan untuk banyak konsumen. Kelebihannya, modal yang digunakan lebih kecil karena tidak perlu produksi atau menyediakan barang-barang untuk dijual.

Kekurangannya, Anda harus memiliki skill tertentu dengan kemampuan bagus. Dengan begitu, hasil jasa yang ditawarkan tidak mengecewakan konsumen. Sebagai contoh, jasa pembuatan website di internet. 

Dibutuhkan skill tinggi untuk dapat membuat website yang unik, menarik, serta bisa dikunjungi banyak pengunjung (user) di dunia maya. Jika Anda bisa melakukannya, tidak menutup kemungkinan orang-orang menyewa jasa yang Anda tawarkan. Itulah sedikit tulisan mengenai jenis usaha rumahan.