Rabu, 13 Januari 2016

Mengenal Bisnis Cuci Mobil untuk Segera Ditindaklanjuti

Bisnis cuci mobil di kota-kota besar saat ini cukup dihemari sebagai usaha yang menggiurkan. Keuntungan yang didapatkan lumayan besar jika mampu menggaet konsumen untuk datang dan mau mencucikan kendaraan roda empatnya. Anda bisa membayangkan sendiri, jika tarif jasa cuci mobil dibandrol sekitar Rp 25 ribu – Rp 35 ribu per mobil.

Diasumsikan sehari ada sebanyak 10 – 20 mobil yang datang untuk dicuci. Berarti pendapatan kotornya sebesar Rp 250 ribu – Rp 700 ribu per hari. Untuk keuntungan selama sebulan diperkirakan mencapai Rp 10 juta – Rp 20 juta.

Dipotong dengan biaya operasional dan lain-lain mininal dapat keuntungan bersih Rp 7 juta. Cukup menggiurkan, bukan? Oleh karena itu, tidak ada salahnya menindaklanjuti peluang bisnis cuci mobil yang diperkirakan prospektif ke depannya.

Apa saja kesulitan saat menggeluti bisnis ini?

Setiap bisnis tentu memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Biasanya, semakin prospektif dan mendatangkan keuntungan lebih banyak, bidang bisnis tesebut mempunyai tingkat kesulitan yang juga besar. Hal ini malahan menjadi tantangan bagi para pebisnis untuk tidak pantang menyerah mengelolanya. Begitu juga saat menggeluti bisnis cuci mobil. Kesulitan yang pertama tentu saja dalam hal penyediaan tempat usaha.

Pasalnya, kendaraan yang dicuci nanti merupakan mobil dengan ukuran lebih besar dibanding sepeda motor. Oleh karena itu, dibutuhkan tempat usaha dengan ukuran luas lumayan. Masalah yang satu ini akan sangat terkait dengan kebutuhan modal bisnis berjumlah lebih besar. Selain permodalan usaha, jangan pernah melupakan strategi promosi dan marketing agar bisa menggaet banyak konsumen yang memiliki mobil.

Musim penghujan menjadi berkah tersendiri

Saat musim penghujan datang, yaitu sekitar bulan November hingga April. Bulan-bulan tersebut menjadi berkah tersendiri bagi pebisnis di bidang cuci mobil. Hal itu dikarenakan banyak mobil yang dikendarao membutuhkan perawatan pencucian agar lebih tahan lama, terutama di bagian eksteriornya.

Setelah terguyur air hujan saat dikendarai, secepatnya mobil perlu dicuci untuk membersihkan berbagai kotoran sekaligus karat yang bisa datang setiap waktu. Dengan begitu, hanya tempat pencucian mobil yang paling efektif untuk dituju. Itulah keuntungannya mengelola bisnis cuci mobil.