Sabtu, 16 Januari 2016

Mengaplikasikan Usaha Makanan Ringan sebagai Bisnis Sampingan


Usaha makanan ringan bagi sebagian orang cukup menguntungkan untuk dilakukan. Makanan ringan atau sering disebut cemilan biasanya berwujud kering, sehingga bisa bertahan lebih lama. Namun demikian, ada juga makanan ringan yang sifatnya basah, tetapi tidak bisa bertahan lama.

Oleh karena itu, perlu direncanakan lebih matang jenis makanan ringan seperti apa yang akan dijual, apakah kering atau basah. Untuk memilih jenis dan macam makanan ringan yang mau dijual, tidak ada salahnya mencari referensi dari berbagai sumber.

Misalnya, dari buku-buku usaha makanan atau mencarinya di dunia maya dengan bantuan teknologi internet. Carilah informasi tentang makanan ringan yang cocok dan sesuai untuk ditindaklanjuti dalam sebuah usaha makanan yang menguntungkan.

Memulai berpromosi dan memasarkan produk makanan ringan

Setelah jenis dan macam makanan ringan sudah ditemukan, Anda bisa segera memproduksinya. Anda bisa memproduksi sendiri jika memiliki kemampuan untuk mengolah berbagai bahan menjadi sebuah makanan yang enak dan lezat.

Namun jika tidak mampu, silakan bekerja sama atau merekrut orang atau juru masak yang mampu membuatnya. Selanjutnya, semua makanan ringan yang telah berhasil diproduksi perlu dipromosikan agar ada konsumen yang membelinya. Mulailah dengan tetangga di sekitar tempat tinggal dari mulut ke mulut.

Selain berpromosi, jangan lupa untuk memasarkan makanan kecil tersebut. Tidak ada salahnya menitipkan di warung-warung makan, toko sembako atau sejenisnya, serta di rumah sendiri dengan memasang spanduk agar orang-orang mengetahuinya. 

Semua langkah itu baru awal dari usaha makanan ringan. Untuk langkah berikutnya, Anda bisa memanfaatkan internet untuk berpromosi dan memasarkannya.

Usaha makanan ringan sebagai bisnis sampingan

Bisnis yang satu ini bisa dijadikan sampingan bagi Anda sekalian. Mungkin Anda sehari-hari sudah bekerja di kantor, perusahaan, atau pabrik tertentu. Dengan mengelola bisnis makanan ringan ini, tidak menutup kemungkinan menambah penghasilan per bulannya.

Bahkan, produk makanan ringan tersebut bisa dipromosikan dan dipasarkan di tempat kerja. Siapa tahu teman atau rekan kerja ada yang mau membelinya. Tidak perlu malu dan gengsi untuk melakukannya karena bisnis itu halal dan tidak merugikan orang lain. Itulah sekelumit tentang usaha makanan ringan.

Jenis peluang usaha makanan ini bisa anda jadi sebagai usaha sampingan tanpa mengganggu pekerjaan pokok. Tentunya usaha makanan ini mempunyai prospek yang bagus dan menguntungkan jika dikelola dengan baik.