Selasa, 12 Januari 2016

Memilih Produk Usaha Rumahan yang Bernilai Jual Tinggi

Usaha rumahan tidak sedikit orang yang menggelutinya. Sebuah usaha atau bisnis yang biasanya dikategorikan kecil dan menengah. Namun demikian, keuntungan yang didapatkan tidak selalu sedikit. Pasalnya, ada juga produk yang dihasilkan dari bisnis rumahan ini bisa sampai go international alias diekspor ke luar negeri. Jika kondisinya seperti itu maka sudah dipastikan produk yang dijual memang layak dan pantas untuk dijual ke mancanegara.

Oleh karena itu, jangan pernah menyepelekan usaha yang menjadikan rumah atau tempat tinggal sebagai lokasi produksi atau penjualannya ini. Sangat mungkin mulai dari rumahan seperti ini bisnis bisa lebih maju dan berkembang dengan keuntungan berlipat didapatkan. Namun demikian, perlu perjuangan keras dan pantang menyerah untuk bisa mewujudkan usaha rumahan semacam itu.

Produk seperti apa yang cocok dijual dalam usaha rumahan?

Berbagai produk bisa dihasilkan dalam bisnis skala rumah tangga. Namun demikian, hanya yang memenuhi unsur unik, menarik, serta bernilai jual tinggi. Ketiga syarat tersebut perlu dipenuhi agar laris manis di pasaran. Dengan begitu, rasa penasaran dari konsumen bisa terpuaskan karena mendapatkan sebuah produk yang seperti itu. Perlu diingat, produk yang dijual bisa berwujud barang atau jasa, bukan hanya berbentuk barang saja.

Contoh produk jasa yang bisa dihasilkan dari bisnis rumahan, yaitu terkait industri kreatif. Misalnya, jasa pembuatan animasi 2 dimensi atau 3 dimensi. Bisnis jasa yang satu ini membutuhkan skill atau keahlian khusus. Tidak sembarangan orang mampu melakukannya, meskipun bisa dipelajari secara otodidak. Cukup prospektif bisnis rumahan ini karena dipengaruhi oleh perkembangan industri animasi di dalam negeri yang meningkat seignifikan.

Bagaimana dengan keuntungan yang didapat?

Jika menginginkan bisnis yang mendatangkan keuntungan banyak, tentu harus mengoptimalkan pada kegiatan promosi dan marketingnya. Begitu juga pada bisnis skala rumahan yang jangan sampai melupakan dua senjata ampuh ini. Jika promosi dan marketing berjalan optimal, maka berbanding lurus dengan angka penjualan produk rumahan yang meningkat. Dampak positifnya, yaitu keuntungan yang didapat semakin besar. Itulah peluang usaha rumahan.