Minggu, 10 Januari 2016

Kisah Sukses Pengusaha Muda Penjual ‘Keripik Setan’

Kisah sukses sebuah bisnis yang digeluti oleh seorang pemuda bernama Reza Nurhilman. Dia adalah pencetus dari sebuah makanan kecil yang diberi nama ‘Keripik Setan’ Maicih. Sebuah keripik berbahan baku dari singkong yang rasanya super pedas. 

Rasanya yang sangat pedas membuat banyak orang menyebutnya Keripik Setan. Keuletan Reza sebagai pebisnis muda memang pantas diacungi jempol.

Pada awalnya, dia yang bereksperimen sendiri dengan membuat keripik singkong dengan rasa membakar lidah. Hal itu dikarenakan kesukaan Reza yang menyantap makanan pedas. Setelah berhasil menemukan formula yang tepat, Reza segera memproduksi keripik-keripik Maicih miliknya.

Selanjutnya, dia menggandeng UKM dan pengusaha kecil di sekitar kota Bandung untuk turut memasarkannya. Hasilnya memang begitu luar biasa karena keripik Maicih laku keras di pasaran, terutama di kalangan anak muda.

Kisah sukses bisnis bermodal sedikit

Reza bermodal awal Rp 15 juta untuk memproduksi dan memasarkan keripih Maicih tersebut. Dengan modal itulah, Reza mencoba memasarkan produk keripik setannya melalui dunia maya dengan memanfaatkan teknologi internet.

Tak lupa Reza mengoptimalkan jejaring sosial media, seperti Facebook dan Twitter agar pemasaran keripik Maicih lebih luas. Tidak disangka, hasilnya di luar dugaan. Cukup banyak orang atau pihak yang memesannya secara online. Bisnis keripik setan ini pun semakin maju dan berkembang.

Bukan hanya sebatas penjualan secara offline saja, tetapi juga dengan cara online. Reza juga menerapkan pola keagenan untuk pemasaran keripik Maicih lebih luas. Hingga akhirnya, hampir di kota-kota besar Indonesia ada yang menjual keripik singkong dengan rasa super pedas ini.

Membagi tips kisah sukses kepada pebisnis muda lainnya

Dengan kesuksesan dan keberhasilannya memproduksi sekaligus menjual keripik Maicih, nama Reza sekarang cukup populer di dunia bisnis kuliner. Beberapa kali dia datang di seminar pemberdayaan pemuda dan bertema bisnis UKM untuk membagi tips dan trik yang dia miliki. 

Dengan harapan, semakin banyak pebisnis muda di Indonesia yang dapat meraih sukses seperti Reza. Oleh karena itu, tidak salah jika Reza dipilih sebagai kisah sukses.