Sabtu, 09 Januari 2016

Kisah Sukses Ibu Susi Sebelum Menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Kisah sukses berbisnis juga bisa dilihat dari salah satu menteri di pemerintahan Jokowi – Yusuf Kalla saat ini. Dia bernama Susi Pudjiastuti yang sekarang menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan.

Seorang pebisnis wanita tangguh sebelum menjabat sebagai menteri. Diketahui, Susi hanya tamatan SMP karena drop out dari SMA. Pada saat itu, Susi lebih memilih menjadi pengepul ikan di Pangandaran, Jawa Barat daripada bersekolah.

Bahkan, beberapa perhiasannya juga dijual untuk memodali bisnis di bidang perikanan itu. Susi tidak minder saat teman-teman seusianya bersekolah sembari bersenang-senang. Susi sangat yakin jika sebuah usaha ditekuni semaksimal mungkin akan menghasilkan keuntungan berlipat. Ternyata memang benar, bisnis pengepulan ikan milik Susi semakin maju dan berkembang. Ikan-ikan miliknya dikirim ke beberapa tempat hingga ke luar pulau Jawa.

Kisah sukses Susi terus berlanjut

Untuk lebih memudahkan pengangkutan dan mendistribusikan produk lautnya, Susi membeli sebuah pesawat jenis Cesna dengan pinjaman dari bank. Dengan begitu, pengiriman ikan dan produk laut lainnya bisa menghemat waktu dan biaya operasional.

Hal ini membuat Susi mendapatkan ide untuk mengembangkan bisnis di bidang lain, yaitu penerbangan. Satu demi satu Susi membeli pesawat hingga mendirikan maskapai penerbangan sendiri bernama Susi Air. Maskapai penerbangannya melayani carteran dan rute-rute pedalaman pulau-pulau di Indonesia. 

Dengan menguasai dua bidang bisnis yang maju pesat, tidak salah memang Presiden Jokowi memilih Susi sebagai salah satu menterinya. Dengan begitu, sangat tepat cerita Susi berbisnis dijadikan kisah sukses untuk dibaca banyak orang.

Tidak lupa dengan asalnya

Meskipun sudah populer dan sukses sebagai seorang pebisnis sekaligus menteri, Susi tidak melupakan asal dari mana. Dia begitu terkenal oleh para nelayan di Pangandaran karena sejak kecil hingga dewasa dihabiskan waktunya di sana.

Oleh karena itu, tidak sedikit kaum nelayan yang menggantungkan nasibnya kepada Susi. Lewat kebijakan-kebijakan yang membela kepentingan para nelayan kecil, Susi dapat menjadi seorang yang ditunggu kehadirannya. Anda yang ingin menjadi pebisnis sukses seperti ibu Susi, silakan dibaca kisah sukses beliau.