Rabu, 06 Januari 2016

Jenis Peluang Usaha Baru Berdasarkan Karakteristiknya

Dengan berkembangnya zaman dan didukung oleh perkembangan teknologi tidak heran sekarang ini banyak bermunculan peluang usaha baru dengan ide-ide kreatif. Masih banyak peluang usaha baru yang belum diketahui oleh masyarakat umum.

Membangun usaha baru itu tidak semudah dibayangkan. Keahlian, skill dan kemampuan dalam mengatur jalannya atau mengelola usaha menjadi salah satu factor kesuksesan suatu usaha tersebut. 

Didalam dunia usaha sangat dibutuhkan keahlian dan skill. Selain itu, anda sangat dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha. Nah, jika anda merupakan orang yang kreatif, memilih peluang usaha baru adalah pilihan yang tepat. Apalagi ditahun 2016 nanti dengan adanya MEA tentunya akan bermunculan peluang usaha 2016 dengan pasar yang lebih luas.

Biasanya mereka yang sukses didunia usaha lahir dari ide usaha terbaru nan kreatif yang belum terlalu popular. Tugas anda sebagai pelaku usaha baru adalah mengenalkan produk tersebut kepasar luas dan mampu bersaing dengan produk-produk lainnya.

Mencari ide bisnis terbaru dan mengembangkan menjadi peluang bisnis baru merupakan tantangan tersendiri bagi pelaku usaha tersebut. Dimana banyak orang tidak familiar dengan produk tersebut. Kunci sukses mengenalkan produk baru adalah dengan menonjolkan ciri khas produk tersebut, dan ciri khas produk menjadi hal yang patut dipertimbangkan ketika menjual produk tersebut.

Melirik Peluang Usaha Baru Yang Belum Populer

Berani beda dan kreatif dalam menjalankan usaha baru merupakan sifat yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha sukses. Memanfaatkan peluang usaha baru tentunya sangat membantu anda dalam menjalankan usaha karena tidak memiliki banyak pesaing. Berikut beberapa peluang usaha dengan ide usaha terbaru berdasarkan karakteriktiknya :

1. Usaha Sampingan
Bagi para pekerja kantoran baik itu PNS ataupun karyawan kantoran tentunya ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan mencari peluang bisnis sampingan. Cukup banyak sekali peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh karyawan atau PNS tanpa harus mengorbankan atau menganggu pekerjaan utama anda. Beberapa usaha sampingan untuk karyawan berikut ini mungkin yang bisa dijadikan ide peluang bisnis sampingan anda : 
  • Menjual Barang Antik
  • Jasa Kebersihan Keliling (Cleaning Service Profesional)
  •  Menjual Kaca Mata Anjing
2. Usaha Rumahan
Menjalankan usaha tidak mesti dengan modal besar dan menjalankan usaha juga bisa dikerjakan dirumah. Cukup banyak sekali jenis peluang usaha rumahan yang bisa dijalankan dirumah. Diantaranya anda bisa usaha dibidang internet atau juga disebut dengan bisnis online. Nah, beberapa contoh peluang usaha rumahan berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi anda dalam menemukan ide usaha rumahan yang diinginkan.
  • Bisnis Bantal Lukis Dengan Aneka Bentuk
  • Produk Daur Ulang
 Photo Barack Obama Dari Produk Daur Ulang
Tas Cantik Untuk Wanita Dari Produk Daur Ulang
  • Membuat Aksesoris Wanita
3. Bisnis Online
Berbagai hal atau cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup mempunyai sedikit keahlian dibidang internet anda sudah bisa menjalankan bisnis online. Tentunya peluang bisnis online hanya sedikit saja orang yang menjalankanya. Nah, bagi anda yang tertarik untuk menekuni peluang bisnis online, mungkin beberapa jenis bisnis online berikut ini bisa menjadi solusi bagi anda dalam memilih usaha.
  • Menjadi Penulis Artikel Online
  • Menjual Jasa Secara Online
  • Menjual Pruduk Online
  • Menjadi Blogger Propesional
4. Usaha Waralaba
Memilih peluang usaha waralaba bagi pebisnis pemula merupakan pilihan yang tepat, karena menurut kami konsep usaha waralaba sangat cocok dengan pebisnis pemula. Berbagai jenis usaha waralaba terbaru yang bisa anda jalankan, diantaranya anda bisa memilih waralaba makanan atau juga disebut dengan franchise makanan. Nah, sekarang ini usaha waralaba makanan yang lagi boomingnya adalah waralaba makanan ice cream pot. 

Tahukah anda makanan ice cream pot? Nah, silahkan baca pada artikel berikut ini : bisnis kuliner ice cream pot.

5. Usaha Peternakan
Jika anda mempunyai lahan yang luas dan sedikit modal, melirik peluang usaha peternakan sangatlah bagus. Sebab peluang usaha peternakan mempunyai prospek yang sangat bagus dari tahun ketahun. Memang jenis ide usaha ini tidaklah usaha baru, namun untuk pemasaranya bisa anda buat dengan ide baru atau cara baru, seperti memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet dan ditambah dengan memberikan jasa-jasa lainnya.

6. Usaha Makanan
Semua orang sepakat, makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Sekarang ini, hampir semua orang lebih cenderung memakan makanan dan minuman diluar ketimbang memakan makanan yang dimasak dirumah. Hal tersebut diakrenakan oleh berbagai hal, seperti kesibukan ditempat kerja, ataupun yang liannya. Penomena seperti ini lebih banyak terjadi kepada mereka yang hidup dikota. 

Nah, dengan adanya kondisi ini, maka banyak pula bermunculan peluang usaha baru dibidang kuliner atau makanan. Sehingga persaingan usaha makanan sangat tinggi. Solusinya adalah menciptakan peluang usaha makanan terbaru dengan ide yang kreatif dan unik. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh bisnis kuliner dengan ide kreatif dan unik terbaru.
  • Menjual Roti Dengan Ukuran Besar
  • Menjual Ice Cream Pot
  • Menjual Bakso Dengan Ukuran Besar
Tips Menjalankan Peluang Usaha Baru Bagi Pemula
  1. Pilih jenis usaha berdasarkan kemampuan dan hobi anda. Suatu usaha tersebut akan lebih mudah untuk berkambang jika usaha tersebut sesuai dengan hobi kita. Jika anda suka beternak, maka sebaiknya cari bisnis peternakan. Hal tersebut akan membantu anda lebih semangat dalam menjalankan usaha tersebut.
  2. Perhatikan prospek usaha tersebut kedepannya. Memperhatikan dan menganalisa usaha tersebut kedepanya sangatlah bagus. Sebaiknya carilah peluang usaha menjanjikan prospek bagus kedepanya.
  3. Jangan mudah tergoda dengan rayuan yang tidak masuk akal. Biasanya para pelaku usaha yang menawarkan usaha waralaba cukup banyak melakukan hal seperti ini. Jadi anda harus pintar dalam memilih bisnis waralaba, baik itu bisnis waralaba makanan atau yang lainnya.
  4. Tekun dan bekerja keras. Sebagus apapun ide atau peluang bisnis tersebut tidak akan pernah menghasilkan jika tidak di iringi dengan kerja keras dan ketekunan dalam menjalankan usaha tersebut.
  5. Perhatikan lokasi usaha. Memilih lokasi usaha yang strategis sangatlah penting, diantara usaha yang membutuhkan lokasi yang strategis adalah usaha makanan ataupun usaha sampingan yang membutuhkan tempat usaha.
  6. Kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha. Seperti yang sudah dikatakan diatas, bahwa kreatifitas dan inovtaif dalam mengelola suatu usaha sangatlah diperlukan. Memperhatikan ciri khas produk dan menonjolkannya merupakan hal yang harus anda perhatikan.
Nah, itulah beberapa ide bisnis terbaru yang bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha baru, tentunya beberapa ide usaha tersebut pastinya menjanjikan keuntungan bagi pelaku usaha tersebut jika dikelola dengan baik. Jika anda terkandala dengan modal, mungkin anda bisa mencari peluang usaha modal kecil yang sekiranya bisa menghasilkan.