Jumat, 15 Januari 2016

Investasi Reksadana sebagai Bisnis Jangka Panjang

Investasi reksadana sepertinya masih awam di tengah masyarakat Indonesia. Masyarakat pada umumnya mungkin hanya mengenal emas batangan, tanah, dan bidang properti yang dijadikan investasi jangka panjang.

Tidak dapat dipungkiri memang instrumen tersebut dapat menjanjikan keuntungan berlipat bagi orang atau pihak yang mengeluti bidang investasi yang satu ini. Reksadana dapat diartikan, yaitu kumpulan pendanaan yang dimiliki oleh beberapa orang atau kelompok tertentu.

Selanjutnya, dana yang terkumpul diinvestasikan pada beberapa instrumen bisnis yang ada di pasar. Reksadana secara konvensional memberikan keuntungan bagi nasabah atau investor dengan perhitungan sesuai kesepakatan bersama antara pihak-pihak yang terlibat dalam investasi ini. Setelah muncul reksadana konvensional, digagas konsep syariah untuk dimasukkan ke dalam pengelolaannya.

Memilih Investasi Reksadana Untuk Masa Depan

Bagi banyak orang yang tertarik dengan investasi jangka panjang, reksadana syariah bisa dipilih untuk sebagai bisnis yang menguntungkan. Perlu diketahui bahwa siapa saja bisa menjadi nasabah di reksadana berkonsep syariah. Baik mereka yang beragama Islam maupun non Islam bisa memilih dan berinvestasi di dalamnya.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jenis reksadana ini akan melampaui sekaligus mengungguli kepopuleran reksadana konvensional di bisnis masa depan. Untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, Anda perlu menemukan investasi reksadana syariah terbaik untuk dipilih dalam berinvestasi.

Hal itu dikarenakan tidak menutup kemungkinan cukup banyak pihak khususnya perbankan yang menawarkan produknya berupa reksadana syariah. Anda harus cukup jeli untuk memilih salah satu di antaranya. Jangan terlalu percaya dengan bujuk rayu khas marketing perbankan yang mengiming-imingi keuntungan besar nantinya.

Telitilah terlebih dulu konsep syariah dari reksadana yang dijalankan apakah sudah murni atau minimal tidak ada unsur riba di dalamnya. Jika Anda memperkirakan masih ada unsur riba dalam pengelolaan reksadananya, jangan pernah ragu untuk memilih pihak pengelola lainnya.

Mencari Informasi Terkait Investasi Reksadana

Untuk mencari banyak informasi mengenai investasi ini, silakan membaca makalah reksadana syariah yang didapat dari dunia maya. Anda cukup memanfaatkan fitur search engine atau mesin pencari di internet untuk menemukannya, seperti Google, Yahoo, atau Bing. 

Sangat mudah penggunannya, terlebih bagi Anda yang hampir tiap hari memakai internet dalam bekerja atau aktivitas yang lain. Selanjutnya, silakan dipelajari dan dipraktikkan dengan semaksimal mungkin agar dapat mendapatkan keuntungan dari investasi reksadana.