Selasa, 05 Januari 2016

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

Tingkat pengangguran di Indonesia cukup besar, dimulai dari para sarjana hingga ibu rumah tangga. Salah satu pengangguran tertinggi adalah para ibu rumah tangga. Ada sebagian ibu rumah tangga yang memang memilih untuk tidak bekerja, karena ingin fokus mengurus anak dan suami tercinta. Namun, tidak jarang juga ditemukan para ibu rumah tangga yang menganggur dikarenakan oleh tidak adanya lapangan kerja yang cocok untuk mereka, selain itu tidak didukungnya oleh keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan banyak perusahaan.

Padahal cukup banyak para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan uang tambahan untuk membantu keuangan suami. Karena semua kita tahu tidak semua istri yang mempunyai suami berekonomi menengah keatas. Apalagi kebutuhan hidup yang semakin besar. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah perekonomian keluarga, salah satu caranya adalah terjun kedunia usaha. Tetapi timbul lagi masalah yaitu tidak ada modal atau kurang modal untuk memulai usaha. 

So,,, solusi yang tepat adalah mencari jenis usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar. Dan semangkin baik jika anda bisa menjalankan usaha rumahan dengan modal kecil. Dengan itu, anda bisa menjalankan dua tugas secara bersamaan, yaitu mengurus rumah tangga anak dan suami serta menjalankan bisnis.

Timbul pertanyaan!!! Jenis usaha rumahan yang seperti apasih yang bisa dijalankan dengan modal kecil? Ada banyak jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa anda jalankan dirumah dengan mudah sambil mengurus rumah tangga. Berikut ini adalah 3 jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa anda jalankan.

3 Peluang Usaha Rumahn Modal Kecil Yang Mudak Dijalankan

1. Usaha Kerajinan Tangan

Menjalankan usaha rumahan dengan membuat aneka kerajinan tangan sangat menguntungkan. Selain tidak membuthkan modal besar, anda juga merasa senang menjanlankan usaha rumahan modal kecil ini, apalagi yang mempunyai hobi berkaya. Kerajinan tangan yang bisa anda buat meliputi, aksesoris wanita, boneka, bantal unik, lampu tidur dan berbagai pernak pernik kerajinan tangan lainnya. Kuncinya agar bisa menghasilkan adalah anda harus mampu membuat kerajinan tangan yang unik dan mengikuti permintaan pasar. 

2. Jualan Produk Online

Jika anda merasa tidak ada kemampuan dalam membuat berbagai kerajinan tangan, anda bisa mencoba usaha rumahan yang satu ini, yaitu jualan produk secara online. Sebenarnya anda bisa mengabungkan 2 jenis usaha ini secara bersamaan. Jika tidak bisa membuat karya tangan, anda bisa menjual produk secara online, produk tersebut bisa meliputi : pakaian, kosmetik atau produk-produk lain yang anda anggap bisa laris dipasaran. Cara memulainya adalah membuat toko online, bisa membuat toko online sendiri atau memanfaatkan toko online yang sudah ada seperti tokopedia [dot] com dan yang lainnya. 

3. Usaha Rumahan Di Bidang Kuliner

Menjalankan usaha di bidang kuliner memang cukup mudah untuk dijalankan. Cukup membutuhkan keahlian memasak jenis makanan tertentu dan menjualnya. Menjalankan usaha dibidang kuliner sangat menguntungkan, karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi setiap harinya. Cukup banyak peluang usaha baru di bidang kuliner dengan ide-ide kreatif yang bisa anda jadikan contoh atau referensi usaha.

Tidak mau dipusingkan dengan usaha di bidang kuliner? Caranya mudah, cari jenis makanan yang tahan lama atau makanan beku. Keuntungan membuat makanan beku adalah tidak dipusingkan dengan kondisi makanan karena takut basi. Membuat makanan beku dirumah dan menjualnya di warung-warung terdekat atau memanfaatkan internet sebagai media pemasaran jika anda anggap makanan tersebut pantas dipasarkan secara online.

Nah, itulah 3 jenis peluang usaha rumahan modal kecil yang bisa anda jalankan para ibu rumah tangga. Alangkah lebih baik, jika anda bisa memasarkan hasil karya produk atau hasil kerajinan tangan anda secara online. Bingung karena ngak tahu memulai pemasaran online dari mana? 

Seperti yang sudah penulis bahas pada poin kedua, untuk pemasaran online anda bisa memanfaatkan toko online yang sudah terkenal dan besar, seperti tokopedia, bukalapak dan yang lainnya. Atau anda juga bisa memanfaat social media untuk melakukan promosi, seperti facebook, dan social media lainnya. 

Satu hal yang anda ketahui, bahwa kunci sukses di dalam dunia usaha adalah kreatif dan inovatif serta tekun dan pekerja keras. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdo’a, masalah sukses itu tuhan yang menentukan. Bagaimana? Tertarikkah anda menekuni salah satu peluang usaha rumahan ini?

***Allah Tidak Akan Mengubah Nasib Suatu Kaum Kalau Kaum Tersebut Merubahnya***