Senin, 30 November 2015

Tips Usaha Jual Sayuran


peluang usaha jualan sayur
TabloidWirausaha– Tips Usaha Jual Sayuran | Bagi ibu-ibu rumah tangga, sayur mayor merupakan kebutuhan pokok yang wajib ada setiap harinya. Sayuran merupakan salah satu kebutuhan pokok sebagai penyeimbang asupan gizi keluarga. Jika Anda pernah pergi ke pasar, hampir setiap kios pedagang sayur rame di kerumuni pembeli terutama Ibu rumah tangga. Berangkat dari tingginya permintaan akan sayuran ini maka hal ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. 

Untuk menjalankan usaha ini Anda tidaklah harus memiliki kios dipasar, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan diantaranya dengan memanfaatkan sebagian rumah Anda yang tidak terpakai untuk dibuat sebagai toko sayur, dan Anda dapat berjualan dari rumah. Umumnya ibu ibu tidak ingin repot jauh-jauh berbelanja kebutuhannya, selama itu ada dekat dengan tempat tinggalnya walaupun dengan harga yang sedikit tinggi mereka akan memilih tempat terdekat.

Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan ketika Anda memulai usaha berjualan sayur.


  • Survey Harga

Bagi ibu ibu yang telah terbiasa belanja sayuran dipasar mungkin akan hafal mana pedagang yang memasang harga mahal dan mana pedagang yang menjual dagangannya dengan harga murah. Dengan mengetahui harga di pasaran maka Anda dapat menentukan kisaran harga sendiri yang pas jika Anda membuka usaha jualan sayur jauh dari pasar.

Selain itu Anda juga harus mencari tengkulak sayur atau pedagang sayur dengan partai besar hal ini untuk mendapat harga sayur yang murah sehingga pada waktu menjual kembali harga yang Anda tawarkan masih dalam batas kewajaran. Anda dapat mencari pedagang dengan partai besar biasanya di pasar pasar Induk, atau dipasar biasa tetapi Anda harus negosiasi dengan si penjual grosiran bahwa Anda membeli untuk di jual kembali.

  • Memilih Sayuran yang cepat laku
Seperti kita ketahui bahwa sayuran umumnya bukanlah barang yang tahan lama sehingga tidak bisa disimpan dalam jangka panjang atau ber hari hari. Sifatnya yang mudah layu dan busuk membuat sayuran diusahakan harus laku dalam satu hari tersebut. Untuk itu Anda harus pandai pandai memperkirakan sayuran apa saja yang cepat laku sehingga tidak meninggalkan sisa, dan kalaupun masih sisa maka itu tidak banyak dan sisanya bisa Anda konsumsi sendiri.

  • Memilih sayuran yang segar dan berkualitas baik
Sayuran yang fresh atau masih segar biasanya banyak dicari namun hal ini tidaklah cukup. Selain segar, sayuran yang Anda jual juga harus berkualitas baik sehingga memiliki nilai jual yang lebih dan dalam hal ini Anda akan memiliki posisi tawar. Tidak sedikit sayur yang segar namun daunnya banyak dimakan ulat atau daunnya sudah pada tua sehingga alot dan tidak bisa dikonsumsi. Hal ini tentu akan merugikan Anda dan konsumen Anda juga. Untuk itu ketika Anda memilih pastikan Anda memilih yang terbaik untuk konsumen Anda.

  • Memiliki Buku Catatan
Dalam usaha apapun memiliki catatan sangatlah penting, salah satunya dalam usaha jualan sayur ini. Diawal memulai usaha ini tentu masih banyak kekurangannya terutama dalam hal penyedian barang dagangan. Disini memiliki buku catatan kecil akan sangat membantu Anda dalam mengelola usaha Anda ini. sebagai contoh ketika ada pelanggan yang menanyakan barang yang kebetulan Anda tidak memilikinya, Anda dapat mencatat nama barang tersebut untuk di data seberapa banyak pembeli yang menanyakan barang tersebut, setelah itu Anda dapat mengadakan barang tersebut.

Selain itu juga catatan diberlukan jika sewaktu waktu ada pembeli yang melakukan pemesanan khusus dan Anda dapat mencatat setiap pesanan tersebut. Memiliki buku catatan juga akan mempermudah Anda dalam mengelola usaha Anda. Anda dapat mencatat semua transaksi, mengatur keuangan, dan semua yang berkaitan dengan usaha Anda.

  • Memiliki Tempat Usaha
Seperti telah diulas diatas, memiliki tempat usaha yang ideal adalah dambaan setiap pelaku usaha, namun jika hal itu belum bisa terpenuhi maka jangan sampai menyurutkan niat untuk tidak menjalankan usaha tersebut. Jangan menunggu semuanya sempurna sehingga tidak melakukan apa-apa. Banyak cara yang dilakukan untuk memiliki tempat usaha jualan sayur ini, pertama Anda bisa membuat gerobak sayur sederhana baik itu gerobak dorong ataupun gerobak statis (gerobak untuk mangkal). Kedua Anda bisa memanfaatkan sebahagian area dari rumah Anda yang kira-kira tidak terpakai optimal seperti area garasi, yang ketika Anda bejualan kendaraan bisa Anda keluarkan dahulu.

Jika Anda berdomisili diarea perumahan, usaha jualan sayur ini sangat cocok dilakukan, karena biasanya ibu-ibu rumah tangga sekitar perumahan akan cenderung lebih memilih berbelanja dari tempat yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya, hal ini mungkin juga untuk menghemat waktu. Apalagi jika harga antara pasar dan tempat Anda jualan itu tidak terlalu berbeda jauh maka sudah dapat dipastikan pembeli akan memilih membeli di tempat Anda ketimbang harus ke pasar.

  • Menjaga Kebersihan area usaha
Pedagang sayur biasanya identik dengan kumuh, kotor dan bau. Untuk menghindari hal tersebut dan menjaga kenyamanan pembeli saat berbelanja di tempat Anda maka hal tersebut harus di atasi. Seperti halnya sediakan selalu tempat sampah khusus untuk membuang sayuran yang telah mulai membusuk. Jika harus memangkas sayuran maka usahakan agak jauh dari tempat menjajakan dagangan Anda agar sampahnya tidak berserakan ditempat jualan. Usahakah area jualan Anda selalu kering, kareana sayur yang membusuk dan basah akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Kelompokan antara sayuran yang tidak tahan lama dengan sayuran yang tahan lama. Untuk sayuran segar usahakan jangan tersorot matahari langsung supaya tidak cepat layu.

Demikian tips sederhana semoga dapat menjadi pengetahuan bagi Anda. Salam sukses selalu untuk Anda semua pembaca setia tabloidwirausaha.com. 

Image Source : indonesiasocialmedia.blogspot.com