Jumat, 02 Oktober 2015

Aneka Peluang usaha Hand Made


Aneka Peluang usaha Hand Made
Tablid Wirausaha – Peluang Usaha Hand Made | Kerajinan tangan, kegiatan ini sangat identic sekali dengan Ibu – ibu rumah tangga. Bagi mereka yang memiliki hobi membuat kerajinan tangan serta memiliki waktu yang cukup luang, usaha ini cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Selain bisa berkreasi menyalurkan bakat juga dapat menghasilkan pundi pundi rupiah dari hasil kreasinya tersebut. Usaha hand made juga selain bisa menopang perekonomian keluarga juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar apabila usaha ini telah maju. Apasaja jenis kreasi hand made tersebut? Berikut lima contoh kreasi hand made yang bisa Anda coba.

1.    Dompet Kulit
Dompet kulit merupakan produk hand made yang bahan baku utamanya terbuat dari kulit. Di Indonesia sendiri banyak aneka dompet kulit yang terbuat dari berbagai jenis seperti kulit Ular, kulit  Buaya, kulit Sapi dan masih banyak lagi. Bahan baku tersebut tidak harus kulit utuh tetapi bisa dari sisa – sisa potongan kulit dari pembuatan produk utama. Sebagai contoh jika produk utamanya merupakan sebuah tas kulit maka sisa potongannya dapat Anda manfaatkan untuk membuat dompet kulit. Bahan baku ini bisa Anda dapatkan dari para pengrajin kulit dan biasanya barang sisa seperti ini harganya cukup murah. Dipasaran harga sebuah dempet kulit cukup tinggi antara Rp. 50.000,- sampai Rp. 100.000,-. Jika Anda dapat berkreasi lebih baik bisa jadi harganya lebih dari harga pasaran. 

2.    Boneka Mainan
Boneka mainan tidak hanya dibiat dipabrikan saja tetapi ada juga yang merupakan produk Hand Made dengan memanfaatkan limbah kain. Walaupun dari barang sisa tetapi memiliki nilai ekomomis yang tinggi. Bahan pokok ini bisa didapatkan dari industry konveksi ataupun home industry konveksi. Gunakan sedikit imajinasi dan kretifitas untuk menciptakan berbagai jenis boneka lucu yang memiliki nilai ekonimis tinggi.


3.    Aksesoris
Kaum wanita dan remaja pada khususnya yang masih suka berdandan ini bisa menjadi target market dari penjualan aksesoris hand made tersebut. Kalung, gelang, anting anting dan bando merupakan beberapa contoh dari aksesori Hand made. Bahan utama dari pembuatan aksesories tersebut bisa bermacam macam bisa dari kain flannel, manik-manik, batu atau cangkang binatang laut yang sudah mati bisa di gunakan untuk membuat akesoris. 

4.    Bingkai Foto
Bingkai foto tidak hanya terbuat dari kayu saja, dengan sedikit kretifitas, produk hand made ini bisa juga dari barang barang seperti kerdus bekas yang dilapisi kertas warna warni kemudian diberi sedikit hiasan maka akan terbentuklah sebuah bingkai yang cantik dengan nilai ekonomis tinggi. 

5.    Tas dari bahan Daur ulang
Tas cantik tidakalah harus dari bahan yang mahan, dengan memanfaatkan barang barang bekas atau limbah plastic bisa dibuat menjadi sebuah tas yang tidak kalah cantik. Bahan bahan ini sangat mudah didapatkan. Jika kita mau sedikit berkretifitas banyak yang dapat dilakukan yang mungkin oleh orang lain dianggap sepele atau tidak berguna lagi, dengan sedikit sentuhan maka bisa di ubah menjadi barang yang memiliki fungsi dan nilai ekonomis tinggi. 

Selain kelima contoh diatas, masih banyak lagi produk-produk hand made yang dapat dihasilkan dari barang barang bekas atau limbah industry yang sudah tidak terpakai. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk berwirausaha. Kunjungi terus tabloidwirausaha.com untuk menambah informasi dunia wirausaha Anda. sebagai tambawan wawasan Anda, baca juga Kerajinan tangan kain percar atau peluang usaha kerajinan kain perca.

Image Source : handmadebyzee.wordpress.com