Sabtu, 12 September 2015

Membangun Wirausaha Kreatif


Membangun Wirausaha Kreatif
Tabloidwirausaha – Wirausaha Kreatif| ditengah menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar membuat sebagian perusahaan besar mulai guncang terutama perusahaan perusahaan yang memproduksi barang barang denga bahan baku import, bahkan tidak sedikit prusahaan yang telah merumahkan sejumlah karyawannya dengan alasan untuk mengurangi beban operasionl. Bagaimana tidak dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar yang terus melemah membuat daya beli masyarakat semakin menurun, bahakan bagi sebagian pengusaha kecil menengah terpaksa harus memutar otak untuk mensiasati hal tersebut salah satu diantaranya yaitu dengan mengurangi ukuran produk yang dihasilkan dan dengan tidak menaikan harga jual, hal ini tentu bertujuan agar produknya dengan harapan masih bisa terjual. 

Kembali kepermasalahan diawal, dengan adanya pemutusan hubungan kerja tersebut(PHK), tentu akan meningkatkan juga jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Ini tentu berdampak pula pada pendapatan masyarakat yang dulu biasanya mendapat gaji bulanan dengan adanya PHK ini tentu sudah tidak mendapatkan lagi gaji tersebut. Lantas bagaimana mensiasatinya agar hal tersebut dapat diatasi dimana perekonomian keluarga bisa tetap terpenuhi sehingga tidak terjadi yang namanya kekurangan kebutuhan rumah tangga. Mungkin tips sederhana ini bisa Anda jalankan sehingga Anda bisa tetap memiliki penghasilan atau bahkan bisa menganggat perekonomian keluaraga dan masyarakat sekitarnya. Hal seperti ini tentunya tidak hanya untuk mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap saja tetapi bisa juga bagi mereka yang telah memiliki penghasilan tetap. 

Membangun Wirausaha kreatif tidak harus memiliki modal besar atau teknologi yang canggih untuk mewujudkannya, tetapi intinya adalah wirausaha yang mampu memenuhi kebutuhan pasar. Sebagai contoh jika dilingkungan Anda sulit sekali untuk mencari counter pulsa sehingga jika ingin mengisi pulsa harus mencari ke luar lingkungan tempat tinggal, maka dengan demikian dapat di tangkap ide peluang usaha counter pulsa untuk memenuhi kebutuhan pulsa masyarakat sekitar Anda. 

Membangun Wirausaha Kreatif. Seorang entrepreneur adalah seorang yang kreatif, pandai menangkap masalah yang kemudian memamnfaatkan menjadi sebuah peluang menjadi sebuah usaha dan bisa menghasilkan uang. Lalu bagai mana cara memulainya, apa yang harus Anda lakukan?  

Inti dari membangun wirauaha kreatif adalah jeli dalam mengamati lingkungan sekitar Anda. Amati lingkungan sekitar Anda, adakah masalah yang dihadapi oleh masyarakat sekitar Anda? Kebutuhan apa yang mereka inginkan? Bagaimana cara memenuhinya? Beberapa pertanyaan tersebut merupakan sebagian kecil dari pertanyaan yang akan muncul dari proses mengamati. Sebagai salah satu contoh wirausaha kreatif yang lahir dari hasil mengamati adalah Go Jek. Go Jek lahir menjadi sebuah solusi bagi sebagian orang yang menginginkan transportasi cepat, murah dan lebih tepat waktu. Berwirausaha tidaklah harus membuat sesuatu yang original tetapi bisa juga dengan memanfaatkan yang sudah ada kemudian di modifikasi menjadi sesuatu yang lebih baik. 

Mulailah dari sekarang untuk senantiasa mencoba mengamati atau dengan melakukan sedikit survey sekala kecil untuk mengetahui apa yang orang butuhkan atau yang masyarakat sekitar Anda butuhkan, kemudian berikan mereka solusi dari kebutuhannya tersebut berupa produk atau jasa yang Anda hasilkan. Selamat berwirausaha kreatif dan sukses selalu buat Anda semua pembaca setia tabloidwirausaha.com

Image Source : www.coolandgeek.com