Kamis, 21 Mei 2015

Contoh Roster 2 Shift Karyawan Tambang

Mas Yuli - Dalam pekerjaan tambang kebanyakan karyawan dibagian produksi siang malam melakukan aktifitas atau dengan kata lain di bagi menjadi beberapa shift kerja. seperti di perusahaan saya bekerja saat ini, aktifitas pekerjaan dibagian lapangan dibagi menjadi 2 Shift kerja, Shift Siang dan Shift Malam. sedangkan Office pekerjaan hanya sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk itu bagi pekerja dengan sistem shift , pihak HRD akan membikinkan sebuah roster kerja untuk mempermudah penjadwalan dan pengaturan pekerjaan di lapangan contohnya seperti ini:

misalnya driver sarana atau LV, dibagi menjadi 2 shift dan akan bergantian seminggu siang dan seminggu malam begitu seterusnya. ( S= Siang, M= Malam, O= Off ). Jika minggu pertama driver LV Masuk siang, maka driver satunya masuk malam selama satu minggu, kemudian setelah satu minggu driver pertama yang masuk siang akan gantian masuk malam. Dalam satu bulan biasanya para driver LV ini diberikan Off atau istirahat selama 4 Hari untuk istirahat bergantian.

Kemudian bagaimana jika salah satu driver Off, Jika salah satu driver Off maka akan digantikan oleh driver satunya atau bisa di sebut Driver Spare atau pengganti. dalam hal ini berarti dalam sistem 2 Shift maka diperlukan 3 orang driver supaya roster bisa berjalan secara kontinue.