Senin, 27 April 2015

Peluang usaha jualan Nasi Uduk dan Nasi Kuning

Peluang usaha jualan Nasi Uduk dan Nasi Kuning
Tabloid Wirausaha – Jualan Nasi Uduk dan NasiKuning | Karir dan kesibukan lainnya membuat orang terutama kaum wanita tidak sempat untuk menyajikan sarapan pagi bagi suaminya. Hal ini yang membuat sebahagian orang lebih memilih menyajikan menu instant dengan alasan tidak sempat memasak karena mengejar waktu kerja masuk kantor. Hal ini pula menjadi sebuah peluang usaha bagi sebagian orang yang mampu menangkapnya, salah satunya yaitu dengan membuka usaha jualan nasi uduk atau nasi kuning. 
Nasi uduk dan nasi kuning memang sangat cocok di santap pada pagi hari dalam keadaan hangat. Selain rasanya yang gurih dan enak nasi uduk juga mengenyangkan senhingga bisa tahan hingga waktu makan siang. Usaha rumahan ini tidak memerlukan waktu lama dalam waktu penjajaannya, cukup dengan mengikuti jadwal masuk karyawan yaitu antar jam 6 – jam 10 pagi. Walaupun dengan waktu yang singkat tidak berarti pendapatan dari usaha ini kecil, dengan resep yang enak dan tempat usaha yang strategis hal ini akan menjadikan penghasilan dari usaha rumakan ini cukup menggiurkan.
Berikut contoh resep nasi uduk dan nasi kuning yang patut anda coba:

1. Resep Nasi Uduk

Bahan :
500 gram beras, cuci, tiriskan 600 ml santan dari 1 butir kelapa tua 1 sendok makan garam 2 lembar daun salam 2 lembar daun pandan, sobek-sobek, ikat 1 sendok teh ketumbar bubuk

Bahan Sambal Kacang Nasi Uduk :
100 gram kacang tanah, goreng 1 buah cabai merah 10 buah cabai rawit (menurut selera) 1 sendok teh garam 1 sendok makan gula pasir 1sendok makan cuka 150 ml air matang

Bahan Pelengkap Nasi Uduk :
teri nasi goreng kacang goreng bawang goreng emping goreng sambal kacang irisan telur dadar

Cara membuat Nasi Uduk :
Kukus beras sambai setengah matang , pindahkan ke panci. Didihkan santan bersama bahan lainnya, tuangkan sampai kurang lebih 1 ruas jari di atas beras. Jerangkan di atas api kecil sampai santan terserap habis. Kukus matang. Campur sambal kacang, haluskan. Sajikan dengan bahan pelengkap.


2. Resep Nasi Kuning:

Bahan :
800 gram beras yang sudah dicuci bersih kemudian tiriskan
1 liter santan dari 1 butir kelapa 

Bumbu:
2 sendok mmakan kunyit parut
2 lembar daun salam
2 batang serai, geprek
1 sendok makan air perasan jeruk nipis
Garam dan lada secukupnya. 

Cara Membuat:
1. Kukus beras yang telah dicuci bersih hingga setengah matang, sehingga menjadi beras aron.
2. Didihkan santan, dan bumbu-bumbu kecuali air jeruk nipis. Setelah mendidih kemudian masukkan nasi aron. Masak nasi di atas api kecil dan terus aduk sampai santan terserap seluruhnya dan agar santan tidak pecah. Lalau beri air jeruk nipis supaya warna kuning lebih cerah.
3. Setelah santan terserap habis kukus nasi hingga matang.
4. Angkat dan taburi bawang goreng. 
Resep nasi kuning lezat diatas tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan sendiri di rumah anda. Atau juka anda ingin menjadikannya peluang usaha, resep nasi kuning ini pun patut untuk di coba.

Resep nasi kuning dari : http://resepcaramembuat.com/resep-nasi-kuning.html
Image Source : acehmandiri2020.blogspot.com