Selasa, 21 April 2015

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Online



Mengenal Lebih Dekat Bisnis Online
Tabloid Wirausaha – Mengenal lebihdekat bisnsi Online – Apa sih bisnis online itu? Bisnis online adalah sebuah kegiatan usaha yang tempat usahanya melalui media online. Sebagai contoh jika Anda memiliki usaha yang berbentuk fisik dan non fisik sepertu distro, jasa, kuliner dan lain sebagainya kemudian anda pasarkan melalui media Online “Internet”  seperti  media sosial facebook, twitter, BBM, Whatsapp, youtube atau anda membuat website marketing maka itu anda telah melakukan bisnis online.  


Bisnis online tidak terbatas hanya pada produk online murni seperti Ebook, Software dan sejenisnya, tetapi bisa juga seperti yang telah disebutkan diatas tadi. Dengan kata lain, bisnis online itu hanya penyebutan untuk media bisnisnya saja. Dengan seiring berjalannya waktu, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis online ini semakin membaik. Semakin banyak masyarakat yang lebih suka melakukan transaksi bisnis online. Peluang ini seharusnya menjadi kesempatan besar bagi para pelaku usaha untuk merarih pangsa pasar yang lebih luas. 


Aturan main dari bisnis online hampir sama dengan bisnis konvensional, dimana menjaga kepercayaan konsumen merupakan hal yang mutlak, dan pada bisnis online anda harus lebih hati-hati lagi dengan menjaga kepercayaan, jika tidak maka akan fatal akibatnya. Apabila seorang customer sudah tidak percaya dengan anda maka bukan tidak mungkin mereka akan memposting ketidak percayaan mereka terhadap anda di media online sehingga semua orang bisa melihat dan membacanya dan ini menjadi mimpi buruk buat anda. Begitu juga sebaliknya jika anda dapat menjaga kepercayaan konsumen maka Anda akan mendapatkan keuntungan besar. 


KELEBIHAN BISNIS ONLINE


1. Tidak terbatas oleh jarak dan waktu

Ketika anda menawarkan sebuah produk melalui media online maka secara otomatis semua pengguna online di belahan bumi manapun yang mengakses kepada media online anda akan dapat melihat produk anda. Hal ini merupakan keuntungan yang besar bagi pelaku bisnis, untuk itu manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan konsumen sebanyak banyaknya. Jangan sampai hanya sebatas melihat, buatlah mereka tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan. 


2. Memiliki pangsa pasar yang lebih luas

Seperti telah dikatakan pada poin pertama, jangkauan marketing dari bisnis online ini lebih luas dibandingkan bisnis konvensional. Dengan media online produk yang anda tawarkan bisa dengan cepat diketahui oleh setiap orang dimanapun yang mengakses kepada bisnis online anda. 


3. Lebih Hemat waktu dan biaya

Ketika anda melakukan bisnis secara konvensional banyak hal yang perlua anda lakukan untuk menarik sebanyak banyaknya konsumen, seperti promosi anda perlu membuat banner, spanduk, booklet, famplet dan sebagainya yang kemudian disebar kepada masyarakat. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan untuk media online hal ini bisa dipangkas dan biaya yang dikeluarkanpun sedikit bahkan untuk biaya promosi bisa gratis. Banyak situs situs yang bisa anda gunakan untuk berpromosi secara gratis, seperti situs jual beli online, disitu anda dapat menaruh produk anda sebanyak mungkin dan menawarkannya kepada konsumen tanpa harus dipungut biaya oleh si pemilik situs tersebut.    


HAL YANG PERLU DIJAGA  DALAM BISNIS ONLINE


Tidak dapat dipungiri banyak orang yang tertipu dengan media online, hal ini yang menyebabkan sebahagian orang tidak percaya dengan bisnis online. Bisnis yang sejatinya menjadi lahan usaha yang menjanjikan, kini menjadi tercoreng hanya karena sebahagian orang yang tidak bertanggung jawab. Seperti yang telah diulas diatas, hal yang paling mutlak yang harus anda jaga adalah KEJUJURAN dan KEPERCAYAAN anda dalam berbisnis. 


Didalam bisnis online seorang customer atau calon pelanggan anda tidak dapat melihat dan meraba langsung dari produk yang anda tawarkan. Hal ini menjadi peluang bagi sebahagian pelaku bisnis untuk berbuat curang atau tidak jujur. Untuk itu ketika anda memposting sebuah produk di media online maka anda berkewajiban menerangkan spesifikasi dari produk tersebut secara detail tidak ada yang disembunyikan, dengan demikian si konsumen akan lebih yakin untuk membeli produk anda. 


Buatlah Contact Us supaya customer anda dapat berhubungan langsung dengan Anda. Cantumkan Alamat lengkap, No tlp yang bisa dihubungi, Customer Care bisa berupa BBM, Whatsapp, YM, email dan lain sebagainya. Contact Us ini selain untuk meyakinkan konsumen juga memilki keuntungan bagi si pemilik bisnis online itu sendiri, seperti misalnya bukan hal yang tidak mungkin ada customer yang menginginkan kerjasama dengan Anda maka mereka akan menghubungi lewat jalur pribadi melalui kontak yang telah dicantumkan. 


Memberikan Garansi. Garansi bisa dikenakan pada barang barang jenis tertentu seperti elektronika, dan ini pula diatur dengan kalusal tertentu misalnya barang tidak berfungsi tetapi bukan karena kesalahan konsumen, atau membolehkan retur apabila produk yang diterima cacat atau tidak sesuai pesanan. 


Bisnis online memiliki keuntungan yang sangat besar jika anda mampu mengelolanya. Selamat Mencoba!!!   

Image Source : http://all-free-download.com