Selasa, 10 Maret 2015

Peluang Usaha Es Dawet Ayu

Peluang Usaha Es Dawet Ayu

Tabloid Wirausaha – Peluang Usaha Es Dawet Ayu | Es dawet ayu yang merupakan jajanan khas Banjarnegara sudah banyak di dijalankan oleh para penjual es dawet, baik yang es dawet ayu khas Banjarnegara maupun es dawet lainnya. Walaupun demikian peluang usaha ini masih memiliki peluang besar untuk dijalankan walaupun telah banyak saingan dikarenakan kudapan menyegarkan ini banyak di gemari masyarakat. Minuman asli Indonesia ini banyak digemari karena rasanya yang enak manis segar sehingga cocok di nikmati saat cuaca panas, para penjual es dawet ini biasanya akan banyak bermunculan pada saat bulan puasa tiba, karena pada saat itu banyak orang yang mencari untuk santapan saat berbuka puasa. Banyak wirausaha sukses dari es dawet ayu khas Banjarnegara ini. Dikutip dari Wikipedia, dawet Banjarnegara menjadi terkenal awalnya dari lagu yang diciptakan seniman Banjarnegara bernama Bono berjudul ”Dawet Ayu Banjarnegara”. Pada tahun 1980-an, lagu dipopulerkan kembali oleh Grup Seni Calung dan Lawak Banyumas Peang Penjol yang terkenal di Karesidenan Banyumas pada era 1970-1980-an. Sejak itu kebanyakan orang di Karesiden Banyumas mengenal dawet Banjarnegara dengan julukan dawet ayu.

Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Bahan Baku Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara
Bahan utama untuk peluang usaha ini adalah dawet atau di kenal juga sebagai cendol di daerah Jawa Barat, dawet terbuat dari tepung hun kwe sebagai bahan utamanya. Dengan mengikuti kemajuan zaman maka banyak orang yang berkreasi dengan membuat dawet dari tepung beras sebagai bahan utamanya dan sebagi pelengkap di perlukan adalah gula merah dan santan. Anda juga dapat berkreasi dengan menambah potongan buah segar seperti nangka, durian dan buah lainnya kedalam es dawet ayu khas Banjarnegara buatan anda, Silahkan lihat Resep es dawet ayu khas Banjarnegara sebagai sumber inspirasi bagi anda.
Baca : Cara membuat Es Dawet Ayu

Tempat Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara
Tempat yang cocok adalah di tengah keramaian dan di pinggiran jalan, pastikan lokasi usaha kecil ada mudah di akses dan memiliki tempat parkir yang memadai. Anda juga bisa menjadi pedagang dadakan dengan memanfaatkan moment saat bulan puasa tiba.

Perlengkapan Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara
Perlengkapan usaha es dawet ayu khas Banjarnegara tidak terlalu banyak, anda hanya menyediakan gerobak sederhana, buatlah gerobak yang khas dan mencerminkan usaha es dawet ayu khas Banjarnegara. Selain itu anda juga memerlukan beberapa gentong tanah ukuran besar dan kecil serta gayung yang terbuat dari batok kelapa. Berikut perkiraan perlengkapan yang di butuhkan.
Perlengkapan Usaha
Harga - Rp
Gerobak
1.000.000 - 1.500.000
Beberapa gentong tanah
300.000 - 500.000
Gayung dengan batok kelapa
50.000 - 100.000
Gelas dan sendok
200.000 - 300.000

Karyawan
Untuk karyawan ini bersifat optional saja ketika merintis usaha ini anda dapat menjalankannya sendiri tanpa perlu karyawan kecuali apabila ini merupakan kerja sampingan Anda maka anda perlu untuk me-rekrut seorang karyawan untuk dipekerjakan.


Promosi dan Pemasaran Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara
Tidak ada promosi khusus bagi usaha es dawet ayu khas Banjarnegara, karena dengan melihat gerobak usaha anda saja orang akan segera mengenali apa yang anda jual. buatlah nama atau merek yang khas bagi usaha anda. Sebuah spanduk cukup besar sudah cukup membantu promosi bagi usaha ini. 

Dirangkum dari berbagai sumber