Sabtu, 28 Februari 2015

Pengertian Tentang Hewan Semut

Pengertian Tentang Hewan Semut

Pengertian Tentang Hewan Semut - Semut adalah jenis serangga sosial yaitu ditandai dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur diberbagai koloni. Semut masuk ke dalam Ordo Hymenoptera seperti halnya lebah atau tawon. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies).
Tubuh semut terdiri dari tiga bagian, yaitu kepala, dada (mesosoma), perut (metasoma). Semut memiliki morfologi yang jelas dibandingkan dengan serangga lain memiliki antena, kelenjar metapleural, dan bagian perut kedua yang berhubungan dengan tangkai perut membentuk pinggang sempit (pedikel) di antara mesosoma/bagian rongga dada dan daerah perut.
Tubuh semut memiliki eksoskeleton atau kerangka luar yang memberikan perlindungan dan juga sebagai tempat menempelnya otot. Serangga tidak memiliki paru-paru, tetapi memiliki lubang-lubang pernafasan di bagian dada. Lubang pernafasan itu dinamakan spirakel, gunanya sebagai sirkulasi udara dalam sistem resoirasi mereka.
Serangga juga tidak memiliki sistem peredaran darah tertutup. Sebagai gantinya, mereka memiliki saluran berbentuk panjang dan tipis yang terletak disepanjang bagian atas tubuhnya. Saluran itu dinamakan dengan aorta punggung yang memiliki fungsi mirip dengan jantung.

Itulah sedikit penjelasan mengenai hewan purba semut, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu dan pemahaman anda semua. Tunggu update artikel terbaru lainnya hanya di anekabudidaya.com.