Senin, 09 Februari 2015

Peluang Usaha Jajanan Anak-anak

Peluang Usaha Jajanan Anak-anak
TabloidWirausaha  - Peluang usaha jajanan Anakanak | Masa anak-anak merupakan salah satu fase dimana mereka memiliki rasa ketertarikan terhadap sesuatu sangat tinggi, baik berupa tantangan ataupun berupa makanan. Pada kesempatan kali ini Tabloid Wirausaha mencoba sedikit mengupas mengenai makanan yang paling disukai anak anak, yang bisa anda jadikan sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Anak anak usia bermain dapat menjadi salah satu pelaung besar bagi bisnis jajanan anak ini. Jadi tidaklah mengherankan jika kita jumpai berbagai macam pedagang makanan,khususnya pedagang makanan yang menyasar anak-anak usia tersebut sebagai targetnya. Kemasan dengan tampilan dan warna yang menggugah selera anak menjadi salah satu faktor penentu yang disukai oleh anak-anak.

Dibawah ini adalah jenis-jenis makanan yang disuaki oleh anak-anak yang bisa kita jadikan peluang usaha dengan target market anak-anak.

1. Peluang usaha Cireng Isi
Cireng atau merupakan kepanjangan diar Aci Digoreng. Pada awalnya jajanan cireng ini ada tanpa isi apapun alias polos dengan rasa original. Namun dengan semakin berkembangnya kreatifitas maka pada masa sekarang sudah banyak cireng cengan isi berbagai macam rasa sehingga lebih menarik bagi anak anak. Cireng isi yang banyak dijumpai sekarang ini antaralain cireng isi abon, keju, ayam pedas, kornet, bakso, sosis dan lain lain. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha inipun tidaklah terlau besar dan bisa terjangkau bagi siapa saja. Berikut bisa menjadi bahan referensi anda untuk memulai usaha jajanan cireng.

Bahan Baku Usaha Cireng Isi
Bahan baku membuat cireng isi adalah tepung tapioka dan tepung terigu, sedangkan untuk isiannya tergantung varian cireng isi yang di buat seperti bakso, ayam, kornet, sosis, keju dan aneka kreasi rasa lainnya yang dapat anda buat.
Perlengkapan Usaha
Gerobak Dorong / Etalase 
2.500.000
Kompor dan tabung gas 3 Kg
500.000
Penggorengan dan Spatula 
300.000
Wadah plastik berbagai ukuran              
100.000
Kantong kertas atau plastik
50.000
Peralatan memasak lainnya
100.000
Total Modal

3.550.000
Harga cireng ber variasi antara Rp. 1.000 – 2.000 / biji, tergantung isi cirengnya. 

Baca juga “Aneka Resep Cireng

2. Peluang Usaha Jualan Gulali
Gulali ada dua jenis yaitu gulali basah dan gulali kering yang berbentuk serat. Gulali basah
Gulali Kering
adalah sejenis permen yang dibuat dari gula putih yang dipanaskan didalam wajan hingga mencair,kemudian ditambah dengan beberapa pewarna makanan yang aman untuk dimakan. Gulali jenis ini biasanya bisa dapat dikreasikan seperti dibuat menyerupai binatang binatang yang disukai anak anak atau bentuk lainnya. Jadi memiliki jiwa seni menjadi salah satu faktor penunjang untuk jualan gulali jenis permen ini. Gulali basah ini masih menggunakan teknik sederhana dan tradisional didalam pembuatannya, sedangkan untuk gulali kering sudah menggunakan mesin khusus pembuat gulali.

Gulali KeringGulali kering adalah gulali yang dibuat menyerupai serat benang, masih dengan bahan dasar yang sama yaitu dari gula putih tetapi dengan teknik pemanasan yang berbeda, gulali jenis ini dipanaskan dan diputar. Mesin gulali modern bekerja dengan cara yang sama dengan mesin-mesin yang lama. Bagian tengah mesin itu terdiri dari sebuah wadah kecil. Ke dalamnya dimasukkan gula dan pewarna makanan. Pemanas dekat tepian wadah itu mencairkan gulanya, yang kemudian diputar melalui lubang-lubang kecil dan hasilnya dipadatkan oleh udara. Kemudian benang-benang itu dikumpulkan pada sebuah wadah logam yang besar. Operator mesin memutar-mutar sepotong kayu kecil atau sebuah kerucut karton (orang yang lebih berpengalaman biasanya menggunakan tangan mereka sendiri) sekeliling tepian wadah besar penangkap gulali untuk mengumpulkannya.

3. Peluang Usaha Jualan Cilok / Bakso Tusuk
Cilok adalah jajanan khas anak-anak yang berasal dari bandung,dalam perkembangannya cilok telah dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih menarik minat anak-anak untuk membelinya.Cara membuat cilok ini juga tidak terlalu sulit,dengan bahan sagu serta campuran parutan labuh siam serta tambahan bumbu penyedap,cilok sudah siap didagangkan,namun agar lebih enak dan terasa lezatnya,biasanya cilok ditaburi bumbu atau sambal kacang seperti sambal siomay. 

4. Peluang Usaha Jualan POP Ice
Pop ice atau es blender adalah minuman dengan beraneka rasa menyegarkan yang sudah familiar di lidah anak anak. Jadi tidak diragukan lagi bahwa berjualan pop ice ini pasti akan laris manis,namun ada satu kelemahan dalam berjualan pop ice ini,musim hujan adalah kelemahan dari usaha ini.Namun begitu,anak-anak biasanya tidak megenal yang namanya cuaca dingin atau panas,mereka memutuskan untuk membeli sesuatu dengan melihat tampilan terlebih dahulu. Berikut peralatan yang dan bahan yang diperlukan untuk usaha POP Ice:

Meja Display
Meja ini berfungsi untuk menaruh segala peralatan yang diperlukan untuk membuat POP ice seperti Blender, Glas Plastik, Sedotan, Mesin Press dan yang lainnya.

Mesin Press
Mesin ini berfungsi untuk menutup gelas plastic yang telah terisi oleh POP Ice.
Blender
Alat ini digunakan untuk mengaduk POP Ice hingga merata

Gelas Plastik
Untuk wadah POP Ice yang telah jadi maka dapat dituangkan pada gelas pelastik tersebut.

POP Ice aneka rasa
Merupakan bahan dasar pembuat minuman segar. Sebaiknya membeli bahan dasar ini dalam bentuk rentengan supaya mendapatkan harga yang lebih murah.

Air Galon
Sebagai campuran pengencer POP Ice.

ES batu
Sebagai campuran penyegar kedalam minuman POP Ice. 

5. Peluang Usaha Jualan Es Krim
Eskrim adalah jajnan yang disukai oleh segala usia,pangsa pasar yang terbesar tentunya anak-anak.Jadi,berjualan eskrim tentu sangat menguntungkan dan tentu disukai oleh anak anak.

PERHITUNGAN PENJUALAN ES KRIM PER LITER
Dalam 1 liter es krim rata rata bisa menghasilkan 15 cup atau 30 cone.
Modal perliter soft ice cream             Rp.10.000
Modal cone Rp.100 x 30                    Rp.   3000
Total modal per liter                            Rp. 13.000

Jika per cone dijual dengan harga Rp. 1000, maka keuntungannya :
Rp. 1000 x 30 cone                           Rp. 30.000
Total keuntungan                            Rp. 17.000/ltr

Selain itu anda dapat juga melakukan kerjasama atau Franchise dengan pordusen es krim yang telah lebih memuali bisnis es krim.

Selain aneka jajanan anak yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi jajanan anak yang lain yang dapat digarap, seperti sosis bakar, agar agar, martabak telor, dan lain sebagainya. Semoga artikel sederhana ini dapat menjadi InspirasiWirausaha Anda.

Image Source : caramembuat.co, https://restomesin.wordpress.com,

yuanitakusuma.blogspot.com