Selasa, 24 Februari 2015

Peluang Usaha Budidaya Palawija dan Hortikultura

Peluang Usaha Budidaya Palawija dan Hortikultura

Peluang Bisnis Budidaya Palawija dan Hortikultura - Kebutuhan akan tanaman palawija kian hari terus tinggi. Banyak sekali orang yang bergerak dalam bidang tersebut, khususnya para pembudidaya. Mereka terjun dalam dunia tersebut karena keuntungan yang ditawarkan sangat menjanjikan. Misalnya saja kedelai, ketela, serta jagung sebagai unggulan komoditas palawija yang menawarkan keuntungan besar. Budidaya relatif mudah dengan masa panen yang tidak lama.
Selain itu terdapat komoditas hortikultura. Antara lain produk buah-buahan dan sayuran yang tidak lama paska panen. Keuntungan dari komoditas ini juga tidak main-main. Dari jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah sekali panen, tergantung dari luas lahan yang ditanami. Dengan keuntungan yang begitu menggiurkan tentu saja menarik minat banyak orang untuk berkecimpung atau berbisnis di bidang hortikultura. Kebutuhan terhadap komoditas ini juga begitu tinggi. Mana ada orang yang tidak membutuhkan sayuran atau buah-buahan. Semua orang membutuhkan untuk di konsumsi setiap hari. Betapa besar potensi dari bisnis hortikultura ini.
Palawija dan hortikultura memang menawarkan peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan cerah. Tetapi biasanya para pembudidaya akan mengalami kendala dalam pembibitan/pembenihan yaitu lamanya proses pembibitan. Karena itu tentu ada dua tahapan yang harus dijalani yaitu pembibitan dan penanaman. Namun hal itu tidak jadi hambatan yang berarti karena banyak para pembudidaya yang khusus budidaya dalam bidang pembibitan. Sehingga para pembudidaya yang lain tinggal membeli bibit yang siap tanam tersebut.
Karena itulah pembibitan merupakan sebuah lahan bisnis tersendiri, bisnis yang pantas dibidik oleh kita semua yang ingin memasok bibit bagi para pembudidaya. Ada alasan besar kenapa bisnis pembibitan komoditas palawija dan hortikultura patut dipertimbangkan sebagai lahan bisnis, diantaranya :
  1. Kebutuhan terhadap bibit unggul komoditas palawija dan hortikultura sangat tinggi.
  2. Bisnis pembibitan ini menawarkan keuntungan yang sangat menjanjikan.
  3. Bisnis pembibitan ini tidak membutuhkan lahan yang luas.
  4. Modal dari bisnis pembibitan relatif kecil
  5. Resiko dari bisnis pembibitan ini juga relatif kecil.


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai prospek usaha budidaya palawija dan hortikultura sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Semoga bisa menjadi referensi buat para pembudidaya sebelum berkecimpung langsung dalam bisnis ini. Salam sukses…