Selasa, 17 Februari 2015

Manfaat Ikan lele Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan lele Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh - Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.
Ikan Lele merupakan keluarga Catfish yang  memiliki jenis yang sangat banyak, diantaranya Lele Dumbo, Lele Lokal, Lele Phyton, Lele Sangkuriang dan lain-lain. Dan jenis ikan lele ini paling banyak di budidayakan di Indonesia bahkan di manca Negara.
Banyaknya spesies ini membuktikan bahwa ikan air tawar yang satu ini adalah salah satu ikan terpopuler di Indonesia. Ikan ini menjadi salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi oleh konsumen karena gurihnya daging ikan ini dan harganya pun relatif murah Masakan dari ikan ini selalu menggugah selera makan. Olahan Ikan lele misalnya pecel lele, abon lele, dan keripik kulit lele.
Khasial Ikan Lele
Khasiat ikan lele ternyata luar biasa bagi tubuh manusia. Lele merupakan salah satu ikan yang memiliki sumber bahan makanan yang mengandung protein yang sangat tinggi. Selain kaya zat gizi juga membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak. Ikan lele memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi antara lain protein, karbohidrat, fiber, selenium, vitamin B-12, kalium, niacin, omega 3 dan omega 6. Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat ikan lele, silahkan simak uraian di bawah ini.
Pembentukan Tulang dan Gigi
Ikan lele mengandung mineral fosfor yang sangat dibutuhkan tubuh. Mineral fosfor sangat penting bagi tubuh karena berperan aktif pada pembentukan tulang dan gigi. Jika kekurangan sangat berbahaya bagi tubuh karena seseorang dapat menderita tulang keropos dan mengalami kelumpuhan.
Baik untuk Otak dan Jantung
Ikan lele mengandung zat omega-3 dan omega-6 yang sangat berguna bagi fungsi kinerja otak serta dapat mencegah penyakit jantung. American Heart Association bahkan menyarankan agar orang-orang memasukkan ikan lele dalam menu beberapa kali seminggu. Kedua nutrisi tersebut memang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Jika rutin mengkonsumsi ikan lele, kemungkinan besar akan terhindar dari resiko penyakit kolesterol, diabetes, serta jantung coroner.
Menurunkan Tekanan Darah dan Merawat Kesehatan Kulit
Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan lele bermanfaat menurunkan tekanan darah, membantu merawat kesehatan kulit, serta berperan dalam pembentukan cerebral cortese otak.
Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Dalam satu porsi lele, tersedia 15,6 gram protein yang akan memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. Kualitas asam amino yang diberikan ikan lele adalah kualitas yang baik untuk membangun masa otot dan membangun meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Anda juga membutuhkan protein untuk menyediakan energi. Kurangnya asam amino, tubuh akan kesulitan menyerap kalsium dan dapat berujung pada kurang maksimalnya pertumbuhan tubuh. Zat omega-3 pada ikan lele dikenal baik dapat mempercepat penyembuhan luka pasca operasi.
Menambah Stamina
Mengonsumsi satu porsi lele akan membuat kebutuhan vitamin B-12 yang dibutuhkan tubuh terpenuhi sebanyak 40 persen. Vitamin B-12 adalah nutrisi yang penting untuk membantu tubuh memecah makanan menjadi energi. Karena itu, asupan vitamin B-12 yang tercukupi akan membuat Anda lebih bertenaga dan tidak membuat cepat lesu.

Demikianlah sederet manfaat dari ikan lele, diambil dari berbagai sumber yang terpercaya semoga bermanfaat bagi anda semua. Disamping itu ikan lele juga bisa menjadi alternatif peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dan tentunya semakin menambah pendapatan anda hehe…