Minggu, 25 Januari 2015

Peluang usaha Menjahit


Peluang usaha Menjahit
Tabloid Wirausha - Peluang usaha Menjahit | Menjahit adalah proses penyambungan kain yang telah dibuat pola pola sehingga terbentuk sebuah bentuk yang diinginkan seperti pakaian, celana, dan lain sebagainya. Pekerjaan menjahit ini cocok dikerjakan oleh kaum hawa walaupun pada kenyataanya banyak kaum pria yang pandai menjahit. 
 
Keahlian menjahit memiliki banyak manfaat, salah satunya keahlian dari menjahit dapat dijadikan sebagai peluang usaha seperti membuka usaha menjahit pakaian ataupun membuka kembali kursus menjahit dari keahlian yang telah dimiliki. Kedua peluang usaha ini masih sangat menjanjikan kalau ditekuni secara lebih serius. 

Pada aplikasinya menjahit tidak memerlukan ruangan atau space yang besar, dengan memanfaatkan ruangan tidak terpakai di area sekitaran rumah maka itu sudah cukup untuk membuka usaha menjahit, seperti gudang yang tidak terpakai ataupun berbagi space dengan ruang keluarga. Dengan demikian, menjahit bisa juga dikatangan usaha yang bisa dijalankan dari rumah dan bisa menjadi home industry yang dapat menopang perekonomian rumah tangga. Jika anda pernah jalan jalan ke paris van java terutama daerah cimahi dan sekitarnya maka anda akan melihat banyak home industry menjahit. Disana mereka telah bekerjasama dengan perusahaan garmen, sehingga perusahaan yang melimpahan pekerjaan tertentu seperti halnya pembuatan kerah pakaian kepada home industry dan ini merupakan peluang yang sangat menguntungkan bagi para penjahit rumahan di sekitaran industry garment tersebut. 

Dalam usaha menjahit perlu memiliki kreatifitas yang tinggi seperti meciptakan model model baru sehingga pelanggan memiliki banyak pilihan untuk model yang mereka inginkan. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika anda tertarik untuk memulai usaha menjahit:
  1. Mesin jahit dan perlengkapan menjahit lainnya,tetapi jika anda sudah memiliki mesin jahit sendiri maka modal ini sudah tidak perlu dikeluarkan lagi.
  2. Keahlian menjahit, ini merupakan modal utama dalam usaha menjahit kecakapan, kecepatan dan kerapihan dalam menjahit akan menjadi penilaian tersendiri oleh pelanggan anda.
  3. Sabar dan tekun, menjahit memerlukan kesabaran dan ketelitian yang sangat tinggi untuk itu kesabaran dan ketekunan sangat diperlukan dalam usaha menjahit ini.
  4. Memiliki ide kreatif dalam menciptakan model pakaian yang berbeda dari model pasaran.
  5. Memiliki referensi tempat belanja bahan tekstil yang berkualitas dengan harga miring untuk menekan biaya produksi.
  6. Promosikan usaha anda kepada orang - orang yang menjadi target pemasaran usaha anda.
Jika anda merasa belum terlalu percaya diri menjahit baju untuk orang lain, maka anda bisa mengikuti langkah sebagai berikut :
  1. Cobalah menjahit potongan - potongan kain dengan pola yang sederhana.
  2. Mencari rekan yang sudah lebih mahir dan berpengalaman dalam hal menjahit atau mulailah kursus menjahit secara profesional.
  3. Mulai menjahit untuk keluarga terdekat, misalnya untuk anak,suami,ayah,ibu atau anggota keluarga lainnya. Hal ini sebagai bahan pembelajaran anda dalam mengeksplorasi kemampuan anda dalam menjahit, semakin sering anda menjahit maka akan semakin terasah kemampuan yang anda miliki.
Teknik promosi usaha menjahit. Ada beberapa cara bagaimana seharusnya anda memasarkan jasa / keahlian menjahit yang anda miliki dianttaranya:
  1. Memasarkan dari mulut ke mulut. Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana dan efektif  untuk sekala usaha rumahan. Ini bisa anda lakukan jika anda telah bisa menjahit bahan tetangga sekitar rumah anda.
  2. Membuat brosur dan menyebarkannya dilingkungan sekitar rumah anda.
  3. Mendatangi instansi-instansi atau perusahaan tertentu dengan mengajukan proposal kerjasama seperti pembuatan baju ,seperti seragam dinas pegawai, seragam kantor dan lain sebagainya.
  4. Mempromosikan lewat online media sosial atau membuat website sendiri dengan memajangkan hasil karya yang telah dibuat.
Bagaimana anda tertarik untuk memulai usaha ini? semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi anda dalam memuali usaha menjahit. Selamat mencoba!!!

Image Source : usahasampingan001.blogspot.com