Kamis, 18 Desember 2014

Tips Menjalankan Wirausha Bisnis Travel

Tips Sukses Bisnis Travel
Tabloid Wirausaha -  Inspirasi Wirausaha Anda | Indonesia merupakan salah satu Negara yang menjadi tujuan wisata baik dari mancanegara maupaun dari wisata domestic itu sendiri. Pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik membuat bisnis tour and travel ini menjadi bisnis yang marak dijalankan. Banyak orang yang mempunyai dana lebih memilih meng-investasikan dananya untuk berbisnis travel.

Walaupun telah banyak yang menjalankan bisnis tour and travel ini tetapi bisnis ini masih memiliki peluang besar untuk maju bagi siapa saja yang menjalankannya. Jika dilihat dari jenisnya, bisnis tour and travel ini ada dua jenis, pertama Travel yang murni mengantarkan turis ke destinasi tertentu sesuai dengan keinginan customer, kedua Travel yang bekerjasama dengan beberapa objek wisata, penginapan, atau objek wisata lainnya sehingga jenis kedua ini bisa menawarkan paket wisata. 

Bisnis Travel dan Paket Wisata
Bisnis Travel merupakan bisnis yang berkaitan dengan perjalanan maka secara otomatis modal utama yang harus dimiliki dalam bisnis ini adalah kendaraan.  Kendaraan yang prima, nyaman dan aman menjadi modal utama bisnis travel dari sisi modal berupa sarana penunjang utama, disamping modal dana yang cukup dan memiliki kantor tetap sebagai kantor biro perjalanan.

Bisnis travel ini termasuk kedalam jenis usaha jasa, oleh karena itu setiap personal yang terlibat didalam bisnis ini harus memiliki sifat melayani / services. Dianatara sifat yang harus dimiliki setiap personalnya antaralain
- Ramah,
- Supel / mudah bergaul
- Cerdas
- Sabar
- Bijaksana
- Berwawasan
- Dan Berhati nurani yang baik.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Travel
Beberapa faktor berikut menjadi pendorong maju atau tidaknya bisnis travel yang anda jalani

1. Kepuasan Pelanggan
Pelanggan adalah raja, dengan mengedepankan kepuasan pelanggan merupakan hal yang mutlak harus dilakukan demi mendapatkan kesan yang baik dimata mereka. Banyak aspek yang mempengaruhi kepada kepuasan pelanggan dari pelayanan sebuah bisnis travel diantaranya: pelayanan yang ramah, kebersihan dan kerapihan sarana dan prasarana yang dipergunakan pelanggan, kendaraan yang prima, ketepatan dalam hal waktu dan sebagainya. 
Jika anda berbisnis dalam bidang ini maka perhatikanlah masalah kepuasan pelanggan karena ini merupakan hal yang sangat penting. Jika pelanggan merasa puas ataupun tidak puas dengan sebuah pelayanan biasanya mereka akan menceritakan kepada rekan, keluarga atau koleganya. Meninggalkan kesan baik tentu itu lebih baik dimata pelanggan tentu itu lebih baik dan menguntungkan dalam bisnis jasa seperti ini. Buatlah semacam kotak saran / kotak kepuasan dimana pelanggan dapat mengisi dan memberikan saran atas pelayanan Anda.

2. Harga yang kompetitif.
Selain pelayanan yang memuaskan hal kedua yang akan banyak dicari pelanggan adalah harga yang kompetitif. Memberikan harga yang wajar dan bersaing tentu akan menjadi pilihan tersendiri bagi pelanggan anda. Banyak jasa bisnsi travel yang tidak memperhatikan hal ini, demi meraup untung besar mereka menetapkan harga yang tidak wajar. Jangan berfikir kalau travel hanya kegiatan bersenang senang saja, karena pelakunyapun pasti memperhitungkan budget bagaimana mereka bisa memenuhi keinginannya tetapi dengan harga yang murah. 

3. Perbanyak Relasi
Dengan memperbanyak relasi berarti telah melanggengkan usaha yang anda jalankan. Cobalah menjalin kerjasama dengan tempat tempat tujuan travel yang dikunjungi. Dengan terjadinya kerjasama maka anda  tidak hanya sebagai pengantar turis saja tetapi juga bisa membuat paket travel dengan tujuan tujuan yang telah menjalin kerjasama tadi.

4. Membuat Jaringan
Membentuk jaringan travel ini sangat penting hal ini bertujuan sebagai wadah berbagi informasi bagi sesama perusahaan bisnis travel, banyak manfaat yang didapat salah satunya jika ada perusahaan lain yang kekurangan armada travel karena kebanjiran order maka bisa saling sokong, hal ini akan menjadi sebuah kerjasama yang saling menguntungkan. 

5. Ulet
Mengelola sebuah usaha bukanlah hal yang mudah, perlu kerjakeras dan ulet dalam mengelolanya. Sikap ini perlu selalu dipupuk dan dipertahankan karena permasalahan dan tantangan sudah pasti akan selalu ada, jika anda cepat bosan dan mudah menyerah maka sudah dapat dipastikan usaha yang anda jalani akan cepat berakhir. 

Buatlah visi dan misi untuk menentukan arah yang akan dicapai dari bisnis anda. Dengan demikian anda akan bisa lebih focus dalam menjalankan bisnis travel yang anda tekuni. 

6. Sumberdaya Manusia
Target market dari bisnis travel ini tentu bukan hanya turis domestic saja tetapi juga turis mancanegara. Bisnis travel ini lebih banyak berhubungan dengan manusia untuk itu sumber daya manusia yang berkecimpung didalamnya haruslah berkualitas dan humanis. Diatas telah disebutkan kriteria sumberdaya yang harus dimiliki seseorang untuk busnis travel tersebut. 

Semoga pembahasan singkat ini dapat menginspirasi dan menambah wawasan anda untuk berwirausaha.