Senin, 01 Desember 2014

Tips Bisnis Katering Rumahan


Tips Bisnis Katering Rumahan
Tabloid Wiraushsa, Inspirasi Wirausaha Anda | Berbicara soal makanan tidak aka nada habisnya, begitu juga dengan peluang usaha kuliner, selalu ada celah untuk dijadikan peluang usaha. Pada kesepatan kali ini akan sedikit mengupas peluang usaha bisnis catering rumahan. Kenapa disebut dengan catering rumahan? Karena bisnis catering ini memiliki sasaran yang lebih spesifik yaitu target market kompleks perumahan sekitar anda yang mana ibu-ibu rumah tangganya memiliki kesibukan yang padat atau malas memasak.  Menu sajian catering ini biasanya untuk pesanan makan siang atau makan malam. Dimana di jam-jam tersebut biasanya orang sedang males malesnya beraktifitas. 

Bagi anda yang memiliki banyak waktu luang dan hobi memasak, peluang usaha catering  rumahan ini patut untuk dicoba, disamping bisa mengisi waktu luang juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.  Lalu bagaimana tips memulai usaha bisnis catering rumahan ini? 

1. Menu Pilihan
Sebelum memulai usaha catering rumahan, sebaiknya anda mengkoleksi dulu semua daftar makanan yang anda kuasai. Pastikan anda mencoba semua resep yang anda kuasuai sebelum anda memasukannya ke daftar menu yang akan anda digunakan, sehingga nantinya apa yang telah tercantum di menu betul betul merupakan menu pilihan.  Buat daftar menu harian per dua bulan atau per tiga bulan sehingga konsumen anda tidak bosan dengan menu harian anda. Jika belum bisa mengkombinasikan menu menu harian, anda dapat mencari informasi dari tabloid kuliner atau dari internet tentang cara yang tepat mengkombinasikan menu harian, hal ini bertujuan supaya pelanggan anda tidak merasa cepat bosan. 

2. Higienis
Walaupun pemasaranya bersekala sekitar komplek perumahan, namun kebersihan makanan haruslah tetap menjadi prioritas utama. Karena selain faktor rasa dari setiap menu yang disajikan, Higienis juga menjadi proiritas karena makanan yang bersih dan enak dapat menyehatkan yang mengkonsumsinya dalam hal ini pelanggan anda. Pilihlah bahan bahan baku untuk menu masakan yang bersih, segar dan berkualitas. Pastikan menu yang sudah siap dikirim tertutup rapat untuk menjaga kebersihan makanan dan menjaga kehangatan makanan.

3. Pengiriman tepat Waktu
Karena bisnis ini dijalankan dirumah anda dengan pelanggan sekitar kompleks perumahan tempat tinggal, anda tentu lebih dapat memperhitungkan ketepatan waktu pengiriman dari setiap catering yang terpesan. Jangan sampai ketika waktu makan tiba, catering belum dating hal ini tentu akan membuat pelanggan anda kecewa. Prioritaskan pengiriman yang memiliki jarak waktu tempuh cukup jauh dengan pengiriman lebih awal. 

4. Menerima pesanan khusus
Ada kalanya konsumen menginginkan menu lain selain dari yang kita sajikan. Alangkah baiknya jika anda menerima pesanan khusus pelanggan untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen supaya mereka dapat terpusakan dengan pelayanan anda. Selain itu dari sisi komersil anda dapat memberikan harga yang berbeda dari harga menu normal sehingga dari sisi profit akan menambah keuntungan secara financial. 

5. Promosi
Banyak beragam dan cara berpromosi, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menyebarkan brosur promosi catering. Jika ada menu baru, dapat juga menyertakan tester menu di setiap catering yang akan anda kirim ke pelanggan dan minta penilaian hal ini dapat langsung dicicipi pelanggan dan mendapat penilaian langsung mengenai citarasanya. 

Jika anda ingin lebih memeperluas lagi jaringan usaha anda, maka promosi tidak hanya sebatas komplek perumahan sekitar anda saja tetapi bisa juga di sebar ke komplek perumahan lain, atau bisa berpromosi online lewat social media dan sebagainya.

Image Source : dunia-usahaku.blogspot.com