Senin, 13 Oktober 2014

Wajib cek Lima Item sepeda motor saat akan perjalanan jauh

Wajib cek Lima Item sepeda motor saat akan perjalanan jauh
Raden Mas Yuli - Sekarang ini banyak para penunggang roda dua alias sepeda motor kerap melakukan perjalanan jauh alias turing. Entah itu hanya sekedar jalan jalan, silaturohmi sesama komunitas atau bahkan mudik menjelang lebaran.

Nah dalam melakukan perjalanan tentunya kamu wajib mengecek 5 item penting pada kendaraan kamu dengan tujuan agar perjalanan lancar dan sampai tujuan tanpa kendala. Apa aja 5 item itu berikut tips yang di berikan oleh mas Prastiyo, pemilik bengkel Prastiyo Motorsport di wilayah kalsel ini:

Pertama, Ban, ya material dan komponen dari salah satu motor ini harus dilihat dan dicek ketebalan atau pattern piranti yang melingkar tersebut atau orang jawa bilang batikan ban, cek dan pastikan alur atau batik an ban masih dalam kondisi baik dan tidak gundul alias botak.

Kedua, Rem atau sistem pengereman. tentu saja perlu di lirik untuk kampas remnya, bagaimana ketebalan kampas jika sudah tipis langsung saja di ganti, dan jangan lupa bersihkan kaliper rem agar kinerjanya maksimal.

Ketiga, Rantai dan Gir. silahkan lihat keadaan gir dan rantai apakah masih layak pakai atau sudah runcing, kalau sudah runcing sebaiknya segera di ganti karena jika tidak menyebabkan rantai gampang lepas. Usahakan ketika mengganti piranti ini beli satu set ( rantai dan gir depan belakang )

Keempat, Panel kelistrikan, jangan lupa sekarang disiang hari wajib menyalakan lampu untuk itu semua panel kelistrikan sangat sangat perlu di perhatikan dan di cek apakah sudah sesuai standart berlalulintas.

Dan yang terakhir, Oli mesin. setiap melakukan perjalanan jauh jangan lupa untuk mengganti oli mesin ketika mau berangkat atau sesudah sampai di tempat tujuan dan begitu juga sebaliknya apabila akan kembali dari tempat tujuan. Ini tujuannya agar mesin dalam kondisi yang fit dan siap gas. Gunakan oli sesuai rekomendasi pabrikan.

Itulah kelima item yang wajib di cek pada kendaraan sebelum melakukan perjalanan atau turing, bagi kamu yang masih punya tips yang lain tidak ada salahnya untuk berbagi dibawah kolom komentar untuk kita bersama. Dan jangan lupa membaca Tips Supaya Motor Kinclong Setiap Saat. Semoga tips diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi para pecinta turing pada kususnya dan semua masyarakat pada umumnya.