Jumat, 05 September 2014

Surveyor Tambang

Surveyor Tambang
Raden Mas Yuli - Bagi sebagian orang kerja di tambang adalah idaman, karena menganggap gaji besar, dan dengan berbagai fasilitas yang serba lengkap, tetapi bagi sebagian orang sebaliknya karena kerja di tambang biasaya jauh dari hiruk pikuk keramaian. Seperti tambang batubara di kalimantan kebanyakan pekerjaan tambang site berada di daerah daerah yang memang jauh dari kota, kalaupun mau ke kota yang ada molnya harus menempuh jarak kurang lebih 3 sampai 4 jam.  Capek di jalan brooo.....

Tetapi untuk masyarakat di daerah dekat pertambangan banyak dari mereka yang kerja di tambang dekat dengan rumahnya. Seperti misalnya teman saya ini sebut saja Tenggo dan Memet nama panggilannya, kalau nama kerennya ( Nasori dan Slamet Hariyadi ).

Dua orang teman saya ini lebih memilih mencari kerja di sekitaran perusahaan tambang dekat dengan rumah mereka, alasannya selain tak perlu tinggal di mess, untuk tunjangan bisa diuangkan seperti uang makan dan uang perumahan, sehingga bisa di tabung.

Mereka bekerja disalah satu perusahan pertambangan di kalimantan selatan, posisi jabatannya sebagai Surveyor, apa itu surveyor ? surveyor kalau bisa dijelaskan kurang lebih sebagai berikut:
"Pengumpulan data yang berhubungan dengan pengukuran permukaan bumi dan digambarkan melalui peta atau digital."

Kemudian untuk tugas seorang surveyor diantaranya adalah:
  1. Melakukan survey pengukuran dipermukaan ( Topography ) untuk mendapatkan data dalam proses perencanaan operasi tambang
  2. Memonitor elevasi tambang
  3. Melakukan pembatasan dengan menandai patok patok yang akan di tambang biar sesuai dengan perencanaan.
  4. Mengukur secara berkala hasil galian untuk mengetahui volume tanah dan batubara yang terambil
  5. Melakukan pemetaan tambang untuk kelanjutan kegiatan sesuai perencanaan.
  6. Bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang berhubungan dengan survey.
Itu merupakan beberapa poin tugas dan tanggung jawab sebagai seorang surveyor.
Sebagai seorang surveyor tentunya mereka dibekali senjata untuk bekerja, salah satunya adalah alat survey seperti ini penampakannya:
Surveyor Tambang
Nikon DTM-322 Total Station
Nah kembali pada dua teman saya tadi. karena intinya saya ingin membahas sedikit sisi kehidupan mereka. hehehe...

Karena teman saya ini orangnya fun banget dan suka bercanda, makanya kita akrab dan kebersamaan itu terjalain dalam bekerja, setidaknya kalau saya tak punya uang bisa pinjem kemereka lah..... he..

Saya sempat bertanya kepadanya, Met, Nggo kenapa kamu suka dan memilih sebagai seorang surveyor, jawabnya cuma simple: karena kalau di survey kerjanya cuma mondar mandir di tambang paling di kantor bisa dihitung jari, musuhnya itu cuma panas aja kalau lagi pas ngukur di tambang. dia menjelaskan kalau memang suka kerja di lapangan. kalau di kantor lama lama bisa jenuh. jika di lapangan atau di tambang, kerjaan udah selesai ditinggal tidur sampai sore pun aman aja katanya. Memang biasanya mereka berangkat pagi pulangnya sore pas jam jam mau pulang kerja. paling kalau di kantor ketika tengah bulan atau akhir bulan untuk mengolah data EOM saja.

Itulah pekerjaan seorang surveyor, mungkin ada dari anda yang tertarik ingin berkerja sebagai surveyor seperti teman saya silahkan di coba.