Rabu, 20 Agustus 2014

WHO Umumkan Ebola merupakan Darurat Kesehatan Internasional

WHO Umumkan Ebola merupakan Darurat Kesehatan Internasional
Organisasi kesehatan dunia WHO ( World Health Organization ) mengumumkan bahwa penyebaran virus penyakit Ebola di Afrika Barat adalah darurat kesehatan internasional. Para pihak pejabat WHO mengungkapkan kerjasama dan koordinasi bersama dengan dunia internasional sangat penting untuk mencegah dan menghentikan penyebaran virus Ebola.

Keiji Fukuda sebagai Asisten Direktur Jenderal WHO mengungkapakan, untuk keamanan dengan langkah yang tepat, terpadu dan perawatan yang terbaik kepada penderita penyakit Ebola, wabah ini dapat di hentikan.

Nigeria, salah satu negara yang akan terkena dampak virus ini mengumumkan darurat Nasional. Hampir 1.000 orang di Afrika Barat meninggal akibat virus Ebola.

Fukuda juga menjelaskan " ini bukanlah penyakit misterius, ini merupakan penyakit menular yang dapat terjadi dan dapat di atasi dok. bbc.co.uk.

di kutip dari Wikipedia Ebola adalah: Sejenis virus dari genus Ebolavirus, familia Filoviridae, dan juga nama dari penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. Gejala-gejalanya antara lain muntah, diare, sakit badan, pendarahan dalam dan luar, dan demam. Tingkat kematian berkisar antara 80% sampai 100%. Asal kata adalah dari sungai Ebola di Kongo.
Penyakit Ebola dapat ditularkan lewat kontak langsung dengan cairan tubuh atau kulit. Masa inkubasinya dari 2 sampai 21 hari, umumnya antara 5 sampai 10 hari. Saat ini telah dikembangkan vaksin untuk Ebola yang 90% efektif dalam monyet, namun vaksin untuk manusia belum ditemukan.
Sejauh ini, Ebola adalah penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Kesempatan untuk hidup jika terinfeksi penyakit ini masih 0% alias tidak mungkin, dan sampai sekarang masih dicari vaksinnya. Penderita biasanya bisa langsung meninggal dalam siklus 6 hari sampai 20 hari, alias sangat cepat. Sekarang bisa dikatakan bahwa Ebola adalah penyakit yang paling dihindari untuk terjangkit di seluruh dunia

Ebola tidak ditularkan melalui Udara, lindungi diri anda selalu mencuci tangan dengan bersih, hindari kontak fisik yang tidak perlu dengan orang lain, menjaga kebersihan lingkungan sekitar fumigasi jika anda punya hewan peliharaan. Mayat masih dapat menularkan Ebola. Gunakan alat pelindung jika anda harus merawat atau berdekatan dengan orang yang diduga terjangkit Ebola.

Memberitahu dan mendidik setiap rekan dan teman disekitar kita untuk lebih aktif dan mengetahui akan lebih baik dan aman jika setiap orang memahaminya.