Rabu, 27 Agustus 2014

Eksploitasi Emas Hitam di Kalimantan

Eksploitasi Emas Hitam di Kalimantan
Kalimantan selatan - Suara bising menderu deru disekitaran tempat saya berdiri, alat alat berat seperti Exavator, Articulated Dump Truk, HD, Vibro, Dump truk dan alat suport lainnya bekerja siang malam hampir tidak ada berhentinya.

Ya itulah aktivitas penambangan batu bara di pulau Kalimantan. para penambang baik lokal maupun dari luar negeri berlomba lomba untuk melakukan perburuan batu hitam itu. Tambang yang mencakup hampir di seluruh pelosok kalimantan selatan terkadang memaksa penduduk desa dan sekolah sekolah harus rela dipindah demi kenyamanan dan menjauhi bahaya longsor dan sumber air yang tercemar.

Dilihat dari penglihatan hutan hutan yang dulu konon cukup ridang dan dapat menjaga ekosistem pun sekarang rasanya sudah menjadi kenangan. semuanya terasa gersang dan panas. tak hayal ketika musim penghujan sebagian wilayah di kalimantan mengalami banjir.

Tidak cukup disitu, betapa ironi hampir setiap minggu pasti ada pemadaman listrik oleh PLN, seperti apa sebetulnya sistem yang di kelola oleh pemerintah, padahal kalau dilihat di Kalimantan adalah penghasil batu bara terbesar dan eksportir terbesar untuk batu bara. tetapi pada kenyataannya daerah yang menghasilkan malahan listrik sering byar pet....

Ya Allah ada yang salahkah dengan peraturan di republik ini. betapa menyakitkannya ketika hasil bumi kita dijual ke luar negeri tetapi penduduknya malah di suruh beli jendset. dan harus membeli bensin untuk menerangi rumahnya.

Apakah memang benar pejabat pemerintahan ini sudah buta dan tuli, apakah mereka ( Pejabat Lokal ) memang benar benar mendapatkan suap dari perusahaan supaya mendapatkan izin pertambangan.

jika terus berlanjut seperti ini tak pelak kalimantan akan jadi pulau mati yang jika habis batubaranya akan di tinggalkan begitu saja.