Minggu, 22 Juni 2014

Peluang Usaha Kolak

Peluang Usaha Kolak
TabloidWirausaha.com | Inspirasi wirausaha dalam menyambut bulan suci romadhon biasanya banyak
bermunculan pedagang-pedagang musiman yang menyediakan jajanan untuk berbuka puasa.  Salah satu peluang usaha yang banyak dilirik pada momentum seperti ini adalah kudapan kolak, usaha kolak yang memiliki citarasa manis gurih menjadi salah satu jajanan yang paling banyak diminati konsumen untuk makanan pembuka saat berbuka puasa. Tidak sedikit orang yang mencoba keberuntungannya melalui jualan kolak ini. Beraneka ragam kolak yang dapat dibuat diantaranya kolak pisang, durian, biji salak, pacar cina dan sebagainya. 

Selain memiliki rasa yang enak, kudapan ini ampuh dalam memulihkan tenaga dan kesegaran tubuh sehabis puasa ataupun capek karena kerja. Sebetulnya kudapan kolak ini cocok juga dinikmati selain bulan pada puasa. Usaha ini tidak terlalu memerukan biaya besar karena bahan bahan yang digunankan tidak terlalu kompleks selain itu semua bahan dapat dibeli dengan murah.
Bagi anda yang tertarik bejualan kolak berikut beberapa resep kolak yang bisa anda coba.

KOLAK   PISANG  CAMPUR
BAHAN:
1.      Pisang Kepok  matang (yang masih mengkel/tidak lembek)  potong  menurut selera .
2.      Labu kuning  dikupas, bersihkan,potong dadu
3.      Kolang kaling, diiris tipis panjang atau menurut selera
4.      Air secukupnya
5.      Daun pandan memarkan, diikat.
6.      Santan Secukupnya
7.      Gula pasir menurut selera
8.      Garam secukupnya (sebagai penyeimbang rasa)
9.      Vanili atau kayu manis secukupnya.
10.  Jahe secukupnya (untuk menambah rasa hangat)
Cara  Membuat
1. Rebus  air, daun pandan dan 1/2  bagian gula pasir, sampai mendidih, setelah menddidih masukkan, pisang, labu kuning dan kolang kaling
2. Setelah setengah matang, masukkan santan, jahe dan gula pasir sisa.Aduk-aduk, agar santan tidak pecah.
3. Setelah mendekati matang, masukan vanili untuk menambah aroma wangi pada kolak, Anda dapat menggantinya dengan kayu manis jika tidak mendapatkan vanili.
4. setelah matang diangkat dan siap untuk dijual.

Resep diatas digunakan untuk pembuatan dalam jumlah banyak oleh karena itu tidak dicantumkan komposisi / takaran dari setiap bahan. Untuk menambah aneka kolak, anda dapat membuat jenis lain seperti biji salak, pacar cina, kolak ubi dan sebagainya. Dalam cara pembuatan dan bahan pelengkap tidak ada bedanya seperti membuat kolak diatas, yang membedakan hanya bahan utama pembuat nya saja seperti biji salak bahan utamanya yaitu ubi dan tepung sagu.  Demikian, selamat berusaha semoga sukses.
 

SEMOGA URAIAN INI DAPAT MEMBERI INSPIRASI ANDA UNTUK BERWIRAUSAHA