Kamis, 08 Mei 2014

3 Contoh Bisnis Yang Menguntungkan Untuk Mahasiswa, Pelajar

3 Contoh Bisnis Yang Menguntungkan Untuk Mahasiswa, Pelajar -Bekerja sambil kuliah menandakan seorang mahasiswa mempunya keinginan untuk mandiri dari usia dini. Itu adalah sebuah pertanda mahasiswa tersebut memiliki jiwa wirausaha yang kuat dan akan menjadi calon pengusaha handal di masa depan


Tapi, berhubung mahasiswa tidak memiliki banyak waktu untuk menjalankan berbagai macam dan jenis bisnis yang menguntungkan karena kesibukan aktifitas perkuliahan, maka mahasiswa harus memilah milah bisnis apa yang gampang dan mudah dijalankan serta tidak terikat dengan waktu sehingga dapat di kerjakan kapan saja tanpa mengganggu aktifitas perkuliahan

Berikut adalah contoh macam macam dan jenis jenis bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa, bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan untuk menambah uang jajan ataupun tabungan

Jual Pulsa

Yap, menurut saya jual pulsa itu merupakan pekerjaan yang halal, asyik, dan tidak terlalu berat. Caranya gampang. Daftar aja ke agen reload pulsa terdekat / termurah / terserah anda.

Mungkin untuk permulaannya anda bisa jadi bawahan orang yg jual pulsa, misalnya nih : Temen kamu, si A, jual pulsa, kalau kami ingin jadi bawahannya. Cukup promosikan pada orang-orang, bahwa kamu jual pulsa. Dan setiap ada pembeli / pemesan, anda tinggal meneruskan ke si A.Agar anda mendapat untung, anda harus menjual pulsa dengan lebih mahal daripada harga pulsa si A. Tapi jangan kemahalan juga, nanti malah tidak laku. Misal : Harga pulsa 5000 si A, Rp6000 -- Anda menjual seharga Rp6.200.
Perlahan-lahan, seiring dengan bertambahnya keahlian anda, anda bisa menaikkan harga. Bahkan nanti anda bisa daftar ke agen pulsa resmi!

Agar pulsa anda laku, anda bisa memberikan tawaran-tawaran menarik yang tidak ada pada penjual pulsa lainnya. Contoh : Untuk pemesan yang tinggal di Komplek Saya, uang bisa diambil / Untuk pemesan yang sekolah di Sekolah Saya, diskon 5% kalau beli tiap hari dalam 3 hari berturut-turut / Bisa pesan dulu baru dibayar / dan sebagainya, terserah anda.

Kalau anda melayani sistem bolah hutang, anda bisa lebih gampang mencatat dengan teknologi Ms. Excel.
Tinggal buat tabel berisi Nama Pembeli, Tanggal pembelian, Operator, dan Lunas/Belum, atau apa saja, terserah anda. Dengan Ms. Excel, penghitungan akan lebih gampang, apalagi kalau ada teman yang hutangnya besar, dan kalau bayar sering dicicil-cicil.

Oh iya, hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam jual pulsa:

  1. Memproses permintaan dari orang tak dikenal dan belum bayar
  2. Memproses permintaan dari nomor tak dikenal yang mengaku seseorang
  3. Dan semacamnya.
Banyak sekali penipu-penipu yang ingin pulsa gratisan. Anda harus waspada.

Foto Studio

Ya, modal dari pekerjaan ini cukup sederhana: Kamera, Photoshop, Kertas foto, Printer
Kalian ga perlu punya kamera yg canggih, macam DSLR atau sebagainya. Kamera pocket digital juga udah cukup kok. Bahkan kamera hape juga bisa.
Caranya gampang, kita cukup memotret seseorang dengan latar belakang apa saja. Lalu, sisanya, seperti menghaluskan wajah, memutihkan kulit, menambah background, tinggal diproses di photoshop. Bahkan, kalau skill photoshop anda sudah handal, anda bisa memancungkan hidung, mengecilkan ukuran bibir yang dower, dan sebagainya hingga model yang tadinya jelek, bisa jadi tampan/cantik.
Belajar photoshop memang perlu waktu lama dan kesabaran ekstra. Apalagi kalau secara otodidak. Tapi mudah kok, banyak sekali tutorial-tutorial photoshop yang berkeliaran di dunia maya ini. Tinggal masukkan keywords 'Turorial Photoshop' di search engine seperti google, maka banyak pilihan situs yang menampilkan. Tinggal pilih saja!
Kalau ada orang yang ingin foto resmi, itu justru lebih gampang. Ukuran foto pun bisa diatur di photoshop tanpa rusak, pecah-pecah, gepeng, dan sebagainya.
Setelah kita melakukan hal diatas, tinggal cetak foto deh. Ingat ya, kertas foto tidaklah murah, jadi kita harus pandai-pandai berhemat. Misalnya, satu kertas ukuran A3 kan bisa untuk mencetak beberapa foto, apalagi kalau foto yang diinginkan kecil-kecil.
Dengan begitu, kalian pun bisa bisnis dengan mudah! Jangan lupa promosi pada teman-temanmu. Ini contoh iklan yang menarik : "FOTO STUDIO MURAH, CEPAT, DAN BAGUS" Kalian juga bisa menunjukkan hasilnya pada teman-teman kalian. Misalnya ada orang yang jerawatan, hitam, bibir dower, dan keringatan, hasil fotonya jadi putih, mulus, dan bersinar. Silahkan dicoba!


Les Online

Kalau yang ini, modal yang diperlukan adalah Rajin dan Pintar. Caranya gampang, tinggal membuat website atau blog, lalu promosikan pada orang-orang, menerima les online. Pertama, buatlah daftar orang-orang yang berminat ikut program anda, lalu mereka menuliskan materi-materi yang tidak dimengerti, anda tinggal menuliskan penjelasannya, dan supaya lebih jelas, anda juga bisa mengirim rekaman video penjelasan pada mereka. Kalau anda ingin pekerjaan ini menghasilkan uang, anda bisa melayani teman-teman sekolah. Misal, saat akan ulangan, anda membuat rangkuman pelajaran selengkap-lengkapnya lalu tinggal dijual pada teman yang minat. Untuk itu, anda harus tau dan berpengalaman tentang model-model soal yang biasa dibuat oleh guru.
itulah 3 contoh dan macam macam peluang bisnis sampingan yang bisa dikerjakan mahasiswa sambil kuliah. Bisnis yang benar benar cocok untuk seorang mahasiswa, pelajar ataupun anak muda