Senin, 03 Juni 2013

Cara Mengalahkan Pesaing, Memenangkan Persaingan Bisnis


 

Setiap hari adalah kompetisi. Itu terdengar sinis, namun suka atau tidak inilah kenyataannya. Coba kita lihat para pencari kerja, mereka bersaing untuk mendapatkan posisi tertentu, karyawan bersaing untuk promosi jabatan atau pengakuan, dan para pengusaha bersaing sengit untuk memperoleh sumber daya dan pangsa pasar.

Mereka yang siap umumnya akan menjadi pemenang. Namun, kebanyakan orang masuk ke dalam peperangan tanpa persiapan yang cukup. Mereka hanya bersenjatakan kecerdasan tanpa gambaran yang jelas tentang aturan pertempuran itu sendiri.

Padahal dengan mengetahui aturan-aturan sederhana dalam kancah persaingan tersebut, akan membuat Anda mampu menjadi petarung tangguh. Malah jangan-jangan Anda dapat mengenyahkan pesaing Anda. Berikut ini beberapa peraturan yang perlu Anda tahu sebelum terjun ke dalam persaingan.

Hormati lawan Anda
Dalam persaingan, kesombongan hanya akan membuat Anda tersingkir. Penghinaan terhadap pesaing hanya akan membuat Anda kehilangan kemampuan mengidentifikasi dan mengatasi kelemahan Anda.

Anda harus selalu berpikir bahwa pesaing jauh lebih pintar, lebih baik, dan lebih kreatif dari Anda. Dengan cara ini, tekanan untuk memenuhi harapan ada pada mereka. Anda akan meraih kemenangan dan mengangkat posisi Anda.

Dorong Diri Anda untuk kreatif
Seringkali, keseharian Anda dilalui dengan begitu sibuk sehingga sangat sulit mencari waktu dan energi untuk berpikir di luar kebiasaan. Padahal, kebanyakan orang mencoba untuk menciptakan rutinitas yang dapat memudahkan pekerjaan mereka.

Kalau saja pesaing Anda melakukan hal yang sama, Anda dapat mengalahkan mereka dengan cara mendedikasikan waktu dan energi setiap minggu untuk mengeksplorasi proses kreatif dan produk Anda saat ini.

Pelajari cara untuk membongkar sebuah gagasan dan Anda akan terus menerus muncul dengan cara-cara baru dan menarik yang akan membuat orang di sekitar Anda terkesan.

Ciptakan Pengalaman yang luar biasa
Tumbuh menjadi besar artinya harus siap bersaing dengan lawan yang juga lebih besar. Ini adalah sebuah proses yang niscaya terjadi. Untuk itu kita harus selalu berusaha menciptakan pengalaman yang luar biasa.

Sederhananya, Anda harus memenuhi kebutuhan, dan melakukan itu dengan cara menghibur, dan memperhatikan keuntungan tak terduga dan mengejutkan dunia dengan cara yang relevan.

Gunakan semua sumber daya yang tersedia
Kita harus bersenjata lengkap ketika masuk ke medan pertempuran. Hanya para pecundang yang berperang dengan tangan kosong. Ingat, ini adalah perang. Kita membutuhkan semua sumber daya untuk memenangkannya.

Lihatlah ke sekeliling, ada banyak sumber daya online yang dapat membantu melatih dan mempersiapkan diri Anda agar menang dalam persaingan. Anda hanya harus secara proaktif mengeksplorasi semuanya.

Cari orang yang dapat membantu Anda mempelajari dan bangunlah hubungan baik dengan orang kuat lainnya untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah bertanya.

Jangan menjadi kekuatan individu. Bangun sebuah pasukan terlatih untuk memadamkan kompetisi tersebut.

Jauhkan ego Anda
Tidak salah bangga dengan ide-ide yang Anda hasilkan, namun hanya karena Anda menyukai konsep Anda bukan berarti segalanya menjadi beres. Kritislah pada diri sendiri, dan terbukalan terhadap kritikan dari orang lain.

Bersiaplah untuk berjalan menjauhi ide-ide yang tampaknya baik namun tidak akan menghasilkan keuntungan maksimal. Dengan begitu, Anda akan selalu berusaha memperbaiki dan menginspirasi tim Anda untuk melakukan hal yang sama.

Bermain untuk Menang
Dalam menjalankan bisnis, bertahan hidup bukanlah tujuan yang mengagumkan atau yang diinginkan. Menang secara konsisten dalam persaingan membutuhkan sebuah strategi yang jelas dan pelaksanaan tanpa cacat.

Anda tidak bisa hanya mengandalkan bakat Anda saja. Anda harus memberikan waktu dan pemikiran untuk semua aspek permainan dan terus menyesuaikan diri untuk memperoleh keuntungan.
Memang dalam beberapa cara, ada sedikit ruang untuk basa-basi yang tidak menghasilkan keuntungan yang kompetitif. Jangan tahan upaya Anda. jadilah kuat. Bersiaplah. Bersikaplah berani! (www.inc.com)
Sumber : http://www.marketing.co.id/blog/2012/12/14/memenangkan-persaingan-bisnis-mengalahkan-pesaing/