Jumat, 17 Agustus 2012

Langkah Sukses Memulai Usaha Kecil Menengah Di Indonesia

Memutuskan untuk memulai bisnis sendiri mungkin menjadi salah satu keputusan yang paling menyenangkan yang Anda buat dalam hidup Anda. Orang yang terdaftar sebagai terkaya di dunia adalah orang bisnis, mereka kaya karena punya punya bisnis, bukan sebagai karyawan. Mereka memulai bisnis dari nol (Lihat : Rahasia Sukses Donal Trump , Biografi Carlos Slim Helu orang terkaya di dunia). Berikut ini adalah tips rahasia, bagaimana langkah yang diperlukan untuk memulai bisnis usaha kecil menengah Anda berjalan sesuai dengan tujuan dan mencapai sukses selamanya.

Dapatkan Inspirasi Bisnis Anda
Semua bisnis dimulai dari titik yang sama - IDE. Anda mungkin telah bermimpi untuk memulai bisnis Anda sendiri selama bertahun-tahun, atau inspirasi yang muncul secara tak terduga. Terlepas dari sumber, langkah pertama untuk memulai bisnis Anda sendiri akan datang dengan sebuah ide bisnis. Ide bisnis ada karena anda melihat peluang bisnis lalu membuat survey sederhana guna memantapkan ide bisnis anda.

Lakukan Riset Anda
Anda telah mengidentifikasi ide besar Anda, sekarang saatnya untuk mengimbanginya dengan kenyataan yang ada. Anda melakukan penelitan dan survey untuk bisnis anda. Memulai proses kecil akan membantu Anda mengetahui jika ide bisnis memiliki potensi besar.
Agar usaha kecil menengah untuk menjadi sukses, ia harus menyelesaikan suatu masalah, memenuhi kebutuhan atau menawarkan sesuatu yang diinginkan pasar. Beberapa pertanyaan yang harus Anda menjawab dalam riset pasar Anda meliputi:
- Mengapa anda memulai bisnis ini?
- Apa produk / jasa anda?
- Siapa yang membutuhkan?
- Mengapa mereka harus membeli produk atau menggunakan jasa anda?
- Seberapa besar pasar untuk produk/jasa anda?
- Apakah ada produk / jasa seperti itu? Bila ada, seberapa besar kompetisi yang dapat anda menangkan?
Pertanyaan diatas harus anda jawab sebelum memulai bisnis. Bila anda sudah dapat menjawabnya, maka eksploitasilah, hal ini merupakan kekuatan bisnis anda di masa datang untuk memenangkan persaingan yang ketat dalam dunia bisnis.

Membuat Rencana Modal Usaha
Anda perlu rencana untuk membuat ide bisnis Anda menjadi kenyataan. Jika Anda berniat untuk mencari dukungan keuangan pada modal dari lembaga keuangan atau investor. Pengajuan proposal yang diajukan memuat pertanyaan tersebut diatas. Penjelasan mengenai rencana bisnis dengan segala analisa betapa prospektifnya bisnis yang akan anda mulai. Berapa modal yang anda mampu keluarkan dan berapa modal yang dibiaya oleh lembaga keuangan dari keseluruhan modal yang dibutuhkan.

Rencana Keuangan Anda
Memang usaha kecil menengah tidak memerlukan modal besar, namun bila membutuhkan beberapa investasi awal, maka ada beberapa cara yang dapat membiayai bisnis seperti :
- Pembiayaan
- Pinjaman usaha kecil menengah dengan bunga ringan
- Hibah Usaha kecil
- Investor lain yang berminat pada bisnis anda.

Pilih dan Daftar Nama Bisnis Anda
Nama bisnis Anda memainkan peran dalam hampir setiap aspek dari bisnis Anda, sehingga Anda ingin menjadi yang baik. Pastikan Anda berpikir melalui semua implikasi potensial sebagai Anda menjelajahi pilihan Anda dan pilih nama bisnis anda.
Setelah Anda memilih nama untuk bisnis Anda, Anda akan perlu memeriksa apakah itu merek dagang atau sedang digunakan. Kemudian, Anda akan perlu untuk mendaftarkannya untuk memperoleh legalitas seperti Surat Ijin Usaha.
Jangan lupa untuk membuat situs pada bisnis dengan membuat blog secara gratis atau bila mempunyai uang mendaftar nama domain murah. Hal ini untuk memperkenalkan dan mendapatkan pelanggan baru bisnis anda. Banyak cerita sukses diawali dengan membuat blog bisinis setelah bertahun-tahun bisnis tidak mengalami perkembangan usaha mereka. Bila anda sudah memiliki blog maka blog perlu untuk dioptimalkan teknik SEO manual dimaksimalkan dengan Download Software SEO Gratis.

Memaksimalkan Lokasi Bisnis Anda
Menyiapkan lokasi bisnis Anda adalah penting untuk operasi bisnis Anda, apakah Anda memilih rumah sebagai lokasi bisnis, ruang kantor pribadi atau bersama atau Ruko.
Anda akan perlu memikirkan, peralatan lokasi Anda, dan set secara keseluruhan, dan pastikan lokasi bisnis Anda bekerja untuk jenis bisnis Anda akan lakukan. Pilih lokasi bisnis yang mengundang banyak pelanggan setia, secermelang apa pun ide bisnis anda bila salah pilih lokasi bisnis akan sia-sia.
Pemilihan lokasi bisnis diusahakan untuk mendekatkan kepada :
- pelanggan
- bahan baku (home industri)
- keramaian atau banyak orang berkumpul
- fasilitas pendukung bisnis
- biaya rendah untuk operasional bisnis

Menggunakan pencatatan (akuntansi) bisnis anda
Usaha kecil Menengah berjalan paling efektif bila ada sistem pencatatan. Salah satu sistem yang paling penting untuk bisnis kecil adalah sistem akuntansi. Sistem akuntansi Anda diperlukan untuk membuat dan mengatur anggaran Anda, menetapkan harga jual, melakukan bisnis dengan orang lain, dan dasar pengenaan pajak Anda. Anda dapat mengatur sistem akuntansi Anda sendiri atau mencari bantuan orang yang mengerti tentang akuntansi.
Sistem akuntansi dapat mengetahui :
- harga jual produk/jasa anda
- biaya operasional
- keuntungan usaha
- pemisahan antara harta pribadi dengan modal usaha
- biaya penyisihan untuk pengembangan bisnis yang akan datang

Semoga anda dapat memulai bisnis usaha kecil menengah anda dengan sukses dan langgeng.