Jumat, 17 Agustus 2012

Cara Mendatangkan Pelanggan Meningkatkan Jumlah Penjualan

Jika kita menjual sebuah produk, langkah pertama yang dilakukan adalah bagaimana mendatangkan pelanggan. Setelah pengunjung datang dan melihat produk kita, ada dua kemungkinan sekedar melihat atau kemudian membeli produk tersebut. Jika calon konsumen tidak melihat produk kita maka hampir tidak mungkin produk kita akan di beli. Maka langkah pertama dalam strategi pemasaran adalah bagaimana membuat konsumen mau datang kepada produk kita.

Salah satu contoh tips mendatangkan konsumen seperti ilustrasi berikut, Jika menjual kambing kurban misalnya, kita pasang papan pengumuman memakai spanduk atau tulisan yang besar JUAL KAMBING KURBAN HARGA 450 RIBU.  Melihat tulisan ini tentu menarik perhatian banyak orang yang meilihatnya karena dirasa sangat murah. Hal ini mendorong orang untuk berhenti dan melihat-lihat produk yang dijual (Kambing Kurban).

Setelah orang berhenti dan melihat-lihat kambing yang dijual pertanyaannya mungkin , “Harganya segitu ya?”. Si penjual akan menjawan  “Ya, yang 450 ribu yang itu…”, sambil menunjuk seekor kambing yang ukurannya kecil.  Orang mungkin menjadi tidak tertarik melihat ukuran kambing yang kecil tersebut, namun yang penting adalah pembelinya mau datang lihat kambing duluan perkara jadi beli atau tidak urusan belakangan.

Disaat orang datang melihat-lihat kambing yang dijual kita bisa tawarkan alternatif-alternatif kambing yang lain, yang sesuai dengan kebutuhan pembeli. Prinsip Mendatangkan calon konsumen ini bisa diterapkan untuk produk apa saja, yang penting bisa mengundang calon konsumen terlebih dulu.