Berbagai peluang usaha, teknik usaha dan peluang bisnis terbaru dibahas disini

Berlangganan artikel via Email

Dengan memasukan alamat email anda ke form dibawah ini, Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari PeluangUsaha.web.id di inbox email Anda:

   



DALAM situasi yang serba sulit seperti sekarang ini, usaha apa pun rasanya susah. Selalu ketemu jalan buntu. Memiliki uang banyak sebagai awal modal usaha atau modal kerja juga belum bisa memberikan jaminan. Belum tentu bisa menjalankan. Apalagi modal yang kita miliki pas-pasan, bahkan mungkin kita tidak punya modal sama sekali. Ini tentu akan membuat kita lebih sulit lagi.



Menghadapi situasi yang serba susah seperti sekarang ini, apa yang harus kita lakukan?

Berusaha secara membabi buta, dg melakukan wiraswasta atau mendirikan usaha yang sifatnya asal-asalan, hasilnya tentu masih dipertanyakan. Jangankan untuk memperoleh untung atau laba besar, bisa mempertahankan modalnya saja sudah cukup baik.

Kerugian besar yang dapat menghabiskan modal sebenarnya dapat kita hindari atau paling tidak dapat kita tekan sekecil mungkin kalau kita bisa memilih usaha yang benar-benar tepat, sesuai dg kondisi dan kemampuan kita. Untuk memilih usaha yang tepat, yang sesuai dg kondisi kita, sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Kita dapat memilih usaha yang sesuai dg kondisi di sekitar
lingkungan kita sendiri.

Tidak perlu harus terlalu muluk-muluk. Cukup sederhana, tetapi prospeknya cukup baik. Caranya adalah dg mengevaluasi lingkungan yang ada di sekeliling kita. Hasil analisis terhadap kemampuan dan lingkungan tempat kita tinggal inilah yang akhirnya bisa di jadikan untuk mulai merencanakan usaha.

Kalau kebetulan dari evaluasi lingkungan kita tidak mendukung untuk berusaha atau berwiraswasta, bisa mencari tempat yang lain. Tetapi jelas, usaha yang akan kita lakukan sudah tergambar dan telah kita di pastikan, bukan hanya dalam angan-angan. Kita harus sudah dapat mengoperasionalkan usaha yang akan lakukan. Tidak usah sampai pada gambaran yang terlalu detail, tetapi paling tidak cukup garis besarnya saja. Dg demikian kita dapat menjalankan usaha sesuai dg rencana yang mantap.

Perencanaan usaha yang mantap juga akan menguntungkan bagi orang yang akan memulai usahanya. Dg demikian, kita tidak mudah tergoda beralih pada usaha yang kelihatannya lebih menggiurkan, tetapi sebenarnya juga belum tentu. Kita akan lebih siap dalam menghadapi tantangan, karena yakin bahwa usaha yang di kerjakan akan mendatangkan keuntungan yang lebih baik. Bukan usaha yang sifatnya coba - coba.

Kalaupun terjadi hambatan malah perlu dianggap sebagai tantangan yang harus dihadapi dan dicari jalan penyelesaiannya, dicari jalan keluarnya. Bagi para pemula atau wiraswastawan baru, godaannya memang cukup banyak. Apalagi bagi orang yang belum pernah bekerja pada orang lain yang belum mengerti seluk- beluk dunia bisnis, tentu akan kaget menghadapinya. Bahkan, mungkin mereka akan merasa seolah-olah tidak akan mampu untuk menekuni usaha yang baru dirintisnya.

Tetapi, kalau ini disadari dg baik dan semua telah dipersiapkan matang, tentu segala hambatan yang ada akan dapat dilalui. Bahkan, seolah -olah tidak pernah terjadi hambatan. Yang ada, hanyalah rasa percaya diri yang tinggi. Rasa optimis untuk sukses dari usaha yang dikelolanya.

Jenis usaha Semi khusus

Walaupun kadang-kadang kita yakin terhadap usaha yang akan di kelola, namun tidak jarang juga usaha yang dijalankan akan menemui kegagalan. Usaha yang tadinya kelihatannya menjanjikan prospek baik, ternyata tidak selamanya memberi hasil yang baik pula.

Ini tidak lain karena kita kurang jeli dalam melihat peluang dan menentukan jenis usaha yang akan di kelola. Jenis usaha seperti ini memang sering menemui kesulitan untuk berkembang.

Mengapa demikian? Itulah yang sering menjadi pertanyaan kita semua.

Bagi para senior yang telah lama berwiraswasta, pertanyaan seperti itu sebenarnya mudah terjawab. Misalnya dg menganalisis usaha yang telah kita jalankan. Apakah jenis usaha yang kita lakukan? Dari sini dapat kita ketahui mengapa usaha yang di jalankan sulit berkembang. Dan, bahkan mungkin telah kita lakukan dg maksimal, ternyata belum juga memberikan hasil yang lebih baik.

Jenis usaha yang kita lakukan dapat dibedakan menjadi dua macam. Apakah usaha kita termasuk jenis usaha yang umum, artinya usaha itu bisa diperoleh dimana-mana dan dikonsumsi untuk semua orang atau tidak. Usaha lainnya yang bersifat khusus, artinya usaha yang kita jalankan tidak semua orang melakukan usaha yang umum.

Usaha yang bersifat umum biasanya mudah dilakukan dan mudah ditiru oleh orang lain. Usaha seperti ini biasanya juga terdapat di mana-mana. Konsumen dg mudah memperoleh di tempat lain tidak harus di tempat kita berusaha. Usaha seperti ini sebenarnya juga bisa kita jalankan, kalau kebetulan di tempat berusaha baru satu atau dua orang. Kalau sudah lebih dari dua orang, rasanya akan sulit untuk menjadi yang ketiga, atau yang keempat, bahkan mungkin yang kelima.

Dalam bidang usaha yang sifatnya semi khusus, peluang kita masih terbentang lebar. Belum banyak orang yang berkecimpung dalam bidang ini. Persaingannya tidak terlalu ketat, sehingga kans untuk berhasil akan lebih besar. Tetapi, sayangnya usaha seperti ini tidak semua orang bisa. Usaha yang sifatnya semi khusus tentu memerlukan keahlian yang sifatnya semi khusus pula.

Itulah salah satu pilihan kalau kebetulan kita ingin membuka usaha baru. Banyak jenis usaha yang bisa kita lakukan, namun untuk memilih usaha yang tepat
juga tidak terlalu mudah. Salah satu di antaranya, kita bisa memilih usaha yang sifatnya semi khusus.




Artikel ini telah dibaca sebanyak kali
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

Artikel terkait



3 komentar
  1. webinfobisnis.com Kamis, 11 Februari, 2010  

    Info yang baik sekali, memang harus melakukan survey lingkungan dulu kalau ingin bisa terus eksis, tetapi kalau harus pindah tempat tentu harus dipikirkan invesnya.

  2. bembenks789 Kamis, 29 Desember, 2011  

    Terimakasih infonya sangat bermanfaat bagi saya yang pemula.

  3. Pantangan Nyeri Sendi Selasa, 23 Oktober, 2012  

    Jadi begitu cara memilih jenis usaha makasih nih informasinya sangat bermanfaat sekali gan..

Poskan Komentar