Berbagai peluang usaha, teknik usaha dan peluang bisnis terbaru dibahas disini

Berlangganan artikel via Email

Dengan memasukan alamat email anda ke form dibawah ini, Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari PeluangUsaha.web.id di inbox email Anda:

   



Anak muda identik dengan gaya kekinian. Ada yang aneh, unik, nyeleneh, kadang bahkan terkesan nakal.

Kamu sendiri mungkin punya gaya atau style yang beda dengan temanmu. Makin unik, makin keren. Begitu biasanya, bukan? Gak salah, sih. Tapi, tahukah kamu, sebenarnya itu justru peluang yang sangat menggiurkan?


Coba bayangkan, berapa banyak komunitas anak muda yang punya ciri khas sendiri-sendiri sesuai kelompoknya. Mereka ini biasanya membuat aneka aksesoris dan pernak-pernik mulai dari kaos, dompet, syal, stiker, gantungan kunci dalam jumlah yang terbatas. Makin eksklusif sebuah kelompok, mereka makin membutuhkan pernak-pernik yang menjadi penanda identitas mereka. Sebab, identitas tertentu yang melekat pada kekhasan aneka pernik yang serba diproduksi terbatas itu menjadi nilai tersendiri yang membanggakan.

Nah, gaya yang menempel pada atribut bikinan sendiri itu biasanya memang banyak yang unik dan sangat stylish. Biasanya, dengan memainkan desain dan kata serta gambar tokoh sesuai aliran yang dikagumi, produk seperti itu menjadi barang eksklusif bagi pemiliknya. Limited edition, gitu loh.

Dan, biasanya barang limited ini cenderung lebih mahal harganya. Oleh karena itu, inilah peluang yang bisa Anda garap. Anda bisa meraup untung kalau bisa menyediakan desain yang unik, atau Anda bisa juga menjadi agen penjual yang mendapatkan keuntungan dan komisi penjualan per produk.

Nah, biasanya produk terbatas ini sulit masuk ke toko besar. Karena itu, penjualannya memanfaatkan sistem distribusi dengan jaringan pertemanan. Di sinilah Anda bisa menjadi semacam agen penjualan dengan menjadi distribution outlet alias distro.

Dari distro yang Anda dirikan, kamu bisa menerima titipan dari berbagai macam merk terbatas ini mulai dari produk t-shirt, tas, dompet, jaket dan lain-lain. Margin keuntungannya bisa Anda atur sendiri sesuai perjanjian. Misalnya Anda ambil untung 20 persen per item barang. Atau, malah Anda memproduksi sendiri juga aneka aksesoris yang terbatas ini dan dijual di distro kamu.

Yang pasti, jika Anda punya kemampuan mengenali pasar produk dengan desain seperti apa yang sedang ngetren, bisa dipastikan distro Anda bakal kebanjiran order. Misalnya dari satu kaos, dengan biaya pembuatan Rp 25 ribu, Anda bisa menjual sampai Rp 35 ribu atau bahkan Rp 40 ribu. Belum lagi produk lainnya seperti jaket, dompet, biasanya itu akan memberi margin keuntungan yang lumayan juga. Kalau sehari saja bisa menjual 20 item barang, bayangan keuntungan sudah pasti menjadi kenyataan.

Jadi, apa yang Anda tunggu?

Bagaimana? Sudah siap menekuni usaha ini? Kalau sudah, mari kita bahas satu per satu.

LOKASI

Untuk memulai usaha ini, usahakan cari lokasi yang cukup strategis dan banyak dilalui orang. Bisa juga dicari lokasi yang dekat dengan permukiman anak muda seperti daerah kos-kosan atau dekat kampus dan sekolah SMA.

Jika rumah Anda cukup strategis, bisa juga menyulap halaman depan rumah atau garasi untuk jadi show room barang dagangan Anda. Namun, jika punya modal lebih, sangat dianjurkan untuk menyewa sebuah outlet yang eye catching di dekat lokasi keramaian. Atau, bisa juga anda menyewa mobil pick up untuk memajang koleksi Anda dan berjualan di sana.

Keuntungan memakai mobil ini Anda bisa mencari lokasi strategis dan segera berpindah jika dirasa pasarnya mulai berkurang. Kelebihan lain, Anda tak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat meski setiap saat harus waspada jika ada petugas yang melakukan razia.

MODAL KERJA

Bicara tentang modal kerja, sangat dianjurkan Anda melihat ukuran kantong kamu dulu. Bila belum seberapa, mulai dulu dari yang kecil-kecil dan tawarkan kepada rekan dekat dulu. Tapi, kalau mau bicara serius, memang modalnya cukup lumayan. Untuk keperluan renovasi tempat jualan, membuat aneka produksi, dan menyewa pick up sudah tentu biayanya tidak sedikit. Bisa mencapai belasan hingga puluhan juta tergantung dari seberapa besar ukuran usaha Anda.

Tapi, sekali lagi, ukuran modal usaha ini sebenarnya dimulai dari tekad Anda sebagai calon pengusaha distro. Dengan modal seadanya pun jika Anda punya kreativitas tertentu juga sudah bisa ber-usaha. Nah, untuk menjalankan usaha ini, Anda perlu mem-perhitungkan juga biaya listrik dan telefon untuk menerima dan mencari order. Sebab, tak jarang jika distro Anda makin dikenal, akan muncul juga pesanan barang dan komunitas tertentu.

Jika Anda menggunakan mobil pick up, perhitungkan juga biaya perawatan dan bahan bakarnya per bulan. Selain itu, jika Anda tidak memproduksi beberapa barang yang Anda jual, Anda juga bisa membeli dari produsen barang alternatif ini di beberapa tempat. Dengan begitu, jualan Anda pun akan makin beraneka dan perputaran barang baru dengan desain baru akan bisa menarik lebih banyak pembeli.

Untuk usaha yang masih dibuka di awal, pekerjanya cukup dua saja dulu. Satu sebagai tenaga yang melayani pembeli, satu lagi yang melayani di kasir. Selain itu, keduanya juga bisa berfungsi sebagai tukang kontrol keamanan barang dagangan kamu. Sebab, biasanya barang yang berukuran kecil seperti gantungan kunci, syal, stiker, kalau kurang awas bisa berpindah tangan tanpa melalui kasir.




Artikel ini telah dibaca sebanyak kali
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

Artikel terkait



23 komentar
  1. Anonim Sabtu, 17 Januari, 2009  

    klo modal sisa uang gaji bisa ga?
    trus klo pemesarannya dor 2 dor?
    dimana saya bisa membeli pernak pernik distro?

  2. CR7_praMz Kamis, 22 Januari, 2009  

    Ok decH....

    Thankz ya komenTnya...

  3. koben_deef Sabtu, 21 Februari, 2009  

    hi aku koben, aku punya banyak desain tapi aku gak tau mau jual kemana,
    bisa gak,kasih tau jualnya kemana??

  4. no kia Minggu, 01 Maret, 2009  

    Iya nih bos, kendalanya sama kyk bro anonim & koben! Tp kl kita nawarin ke outlet distronya lgsg gmn ya?

  5. Anonim Senin, 06 April, 2009  

    dimana sich tempat/alamat distributornya?

  6. Anonim Sabtu, 10 Oktober, 2009  

    no kia,mau nawarin apaan bro? barang distro?

  7. Adhy_astro Rabu, 10 Maret, 2010  

    numpak corat coret,q m buka distro tp lg butuh pemasok barang distro yg bisa kerjasama.misal qita dh beli semua barangNya tp barang yg stock lama masih ad d'tuker lg yang baru....
    kalo ad hub 085747852882
    adhy_astro

  8. Anonim Kamis, 06 Mei, 2010  

    bro,q maw buka distro di Sby.....
    tlng kash taw gmn cara order,tq.....08563471828
    (hamdan)

  9. Distro Jakarta Jumat, 21 Mei, 2010  

    belanja online yukk

    distro murah grosiran

    kunjungi www.distrojakarta.co.cc

    label distro,kaos vneck,dropdead,famous,rolink,black id,skater,ripcurl,diery,quiksilver,volcom,dll masih banyak style untuk kaliann

    harga terjangkauu mulai dari 35rb

  10. Anonim Senin, 30 Agustus, 2010  

    gw mw mulai buka usaha distro, lw modal 5juta bs gk y??

  11. Anonim Sabtu, 12 Februari, 2011  

    minta tips buka usaha distro kecil2an,gmn dapatin pernak pernik distro N distributornya? mnta sarannya y,thx.

  12. Anonim Senin, 17 Oktober, 2011  

    thx infonya

    http://fashionpria.indoprofile.com/blog

  13. Arya Suhartanto/Mahasiswa Rabu, 07 Desember, 2011  

    misi nih gan. kalo mau beli barang" distronya tuh dimana .??" saya bingung nyari tempat pusatnya kalo mau beli barang"nya tapi yg terjangkau. tolong saranya AGan" .

  14. Unknown Sabtu, 14 Januari, 2012  

    aq dimedan,,,mw bk distro jg,,gmana cr nya'??

  15. Anonim Rabu, 18 Januari, 2012  

    kalo mau beli kaos distro grosiran yang murah disini gan http://kaosdistrogrosir.blogspot.com/

    harganya 30rb / kaos untuk minimum pembelian 2 lusin..

    tapi kalau ente bisa sablon dan punya modal 7jt lebih baik buka usaha sablon, tapi bukan sablon yang melayani permintaan orang, tapi sablon itu sendiri untuk produksi kaos2 yang akan ente jual.. keuntungannya jauh lebih banyak daripada beli kaos jadi..

  16. Anonim Kamis, 22 Maret, 2012  

    aku dari klaten saya mau membuka di daerah klaten mungkin kalau ada distributor yang mau bekerja sama bisa menghubungi saya di 085729653104

  17. Anonim Kamis, 07 Juni, 2012  

    pernak pernik distro!! jamtangan unyu unyu nih... http://www.connecti.biz/biz_market_product_detail.php?product_id=1213

  18. Imam Wahyudiono Jumat, 21 Desember, 2012  

    Coret dkit,q niat bget buka distro lgi,dlu pernh buka jga,cma asiknya qta jualin,dstok ama distro dibndung,tiap bulan qta krim hsil pnjulan,,daerh kaltim,,yg mau ikut taruh barang hbgi q ja,,085335111115 n 082324999995

  19. Imam Wahyudiono Sabtu, 22 Desember, 2012  

    Dlu bhnti karena trbntur jdwal kuliah gan..skrag distro mlai dilirik klangan atas,saking peluang masih bsar,,REPUBLIKband pun ikut bgun di daerah gw,,rencana mau call ank2 bndung lgi bt krja sma,soalnya lumyan untung bt mreka tiap bulan,G̲̮̲̅͡åå pernah putus n slu ucap mksih,,syag  heng dlu,smua kontak ilang,,klo mau krja sma,sni q jualin barang klian,,brapa ribu stok siap ane jualin,...085335111115 n 082324999995

  20. grosir distro murah Selasa, 29 Januari, 2013  

    nice ... :)

  21. Daning Adinata Selasa, 01 April, 2014  

    Aku pengin buka distro tapi bingung nyari barang nya dimana??

  22. Daning Adinata Selasa, 01 April, 2014  

    Yg tahu tolong email ke daningyuniwinarsih@gmail.com

  23. KONSINYASI 20% Minggu, 15 Juni, 2014  

    ini saya eko pnya barang jumper n boxer banyak sekiranya agan2 distro n grosiran mau dititipin khusus wilaya jatim hub ane (eko 08993949338/085855967139)

Poskan Komentar