Berbagai peluang usaha, teknik usaha dan peluang bisnis terbaru dibahas disini

Berlangganan artikel via Email

Dengan memasukan alamat email anda ke form dibawah ini, Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari PeluangUsaha.web.id di inbox email Anda:

   



Teknik marketing untuk studio musik ini bisa anda baca di : (http://www.peluangusaha.web.id/2010/01/teknik-marketing-untuk-studio-musik.html)

Seiring berkembangnya dunia hiburan khususnya di jalur musik, membuka persewaan studio musik dapat memberikan prospek usaha yang cukup baik. Memang sih banyak orang yang enggan untuk menjajaki bisnis ini karena butuh modal lumayan besar hanya untuk membeli peralatan musiknya. Namun menurut pandangan saya bisnis ini banyak dicari oleh calon pelanggan, karena banyak orang yang memiliki keterbatasan tempat dan uang untuk menyalurkan hobi mereka untuk bermain musik.


Bagi Anda yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam bermain musik, rasanya pas banget jika Anda berniat membuka usaha ini. Tidak harus Anda fasih dalam memainkan alat-alat musik sih... Lagipula, bila Anda memiliki lahan / tempat cukup dirumah Anda (misal halaman depan/samping rumah) bisa Anda manfaatkan untuk tempat studio musiknya. Hemat biaya lokasi bukan??

Pada umumnya, usaha ini memang tidak berdiri sendiri, namun bergabung dengan usaha lainnya seperti kursus musik, sehingga investasi pembelian alat musik dan tempat usaha dapat dimanfaatkan.

Untuk awalnya jika Anda memiliki modal pas-pasan, Anda bisa membuka persewaan studio musik saja terlebih dahulu. Nah, untuk kedepannya, Anda bisa menambah / memperluas usaha Anda dengan menambah ruang sewa studio,menjual peralatan musik baru / second, menjual buku-buku musik bahkan kursus musik.

TAHAP PERSIAPAN & MODAL
  • Setidaknya Anda memiliki minat/kegemaran di dunia musik, sehingga Anda tidak terlalu gaptek jika ada perkembangan baru seputar dunia musik.
  • Carilah tempat penjualan alat musik yang murah dan berkualitas baik.
  • Utamakan membeli peralatan musik yang standar digunakan diantaranya : gitar, bass, drum, organ/piano.
  • Siapkan biaya untuk renovasi tempat studio, buat semenarik dan senyaman mungkin dan kedap udara. Karena dengan tempat yang nyaman, pelanggan akan merasa betah sehingga akan memperpanjang waktu sewa mereka.
  • Biaya operasional kerja, seperti kebutuhan untuk administrasi, biaya listrik, biaya pemeliharaan alat, gaji pegawai dsb.
  • Pengetahuan teknis tentang peralatan musik, dapat menghemat biaya perawatan alat musik Anda. Jika saja pengetahuan Anda pas-pasan, paling tidak Anda memiliki tenaga / tempat servis yang dapat dipercaya untuk mengatasi kerusakan/gangguan pada peralatan.
  • Buatlah brosur semenarik mungkin, dan sebarkan di lingkungan anak-anak sekolah (SMP/SMU) dan lingkungan kampus karena kebanyakan pengguna studio musik adalah seusia mereka.

TIPS MENJALANKAN USAHA

Dalam menjalankan sebuah usaha, tentunya Anda harus pintar-pintar dalam mengelola dan mempertahankan eksistensi usaha Anda agar dapat berkembang dengan baik. Berikut tips dari saya mengenai usaha studio musik ini..
  • Buat rencana bisnis ini dengan matang dan sebaik-baiknya sebelum Anda memulainya. Anda tidak mau modal Anda yang cukup besar ini sia-sia bukan??
  • Selalu perhatikan alat-alat musik yang Anda sewakan, ketahui juga penggunaannya. Jangan sampai ada pelanggan yang tak bertanggungjawab merusak peralatan Anda.
  • Anda bisa memasang kamera pengintai dalam studio, sehingga tenaga operator Anda dapat selalu mengawasi penggunaannya.
  • Buatlah aturan penyewaan studio musik. Baik sewa harga per-jamnya, kapasitas orang yang boleh masuk ke studio, aturan di dalam studio dll.
  • Berikan pelayanan yang terbaik pada semua pelanggan.
  • Seiring waktu, lengkapi peralatan yang terbaru dan digemari.
  • Berikan fasilitas tempat kendaraan pelanggan yang aman. Agar pelanggan benar-benar puas terhadap pelayanan studio musik Anda.

Teknik marketing untuk studio musik ini bisa anda baca di : (http://www.peluangusaha.web.id/2010/01/teknik-marketing-untuk-studio-musik.html)




Artikel ini telah dibaca sebanyak kali
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

Artikel terkait



12 komentar
  1. arya Senin, 17 November, 2008  

    halo..salam kenal..

    saya cukup tertarik dengan bisnis studio musik dan alat musik..namun saya masih kesulitan untuk mnedapatkan alat musik yg berkualitas dan harga terjangkau..saya belum memikili banyak jaringan untuk masuk kesana..karena apabila saya beli dari toko, dipastikan harga sudah memiliki margin yang tinggi..

    bagaimana agar saya dapat mengenal supplier alat2 musik2 tsb?..

    terima kasih..

    salam sukses..

  2. Anonim Kamis, 25 Desember, 2008  

    bagai mana gara terkenal???


    terimakasih...

  3. Anonim Minggu, 28 Desember, 2008  

    gw ayi dari pontianak, di kota gw mulai menjamur studio musik tapi kayaknya belum ada menemukan studio dengan konsep yang nyaman menurut gw. pengennya sich gw terjun juga dalam bisnis ini, tapi belum punya modal (gw udah punya lokasi bisnis yang bagus), gimana, ada yang mau bantu gw buat merger or sejenisnya????

  4. Anonim Jumat, 06 Februari, 2009  

    pengalaman saya, dari dulu saya klo ngeband udah sering gonta-ganti langganan studio musik di jakarta.
    klo menurut saya yang plg penting alat2nya sama pelayanan sama ruangannya. dan harga nya juga wajar.
    klo ada studio yg kita ngerasa enak, nyaman, alat2nya bagus, harga terjangkau pasti kita langganan ngeband disitu sampe berbulan-bulan, ato mungkin setaun,
    apalagi klo udah ngerasa pw disitu mah pasti bakal sering ngeband disitu.

    yg penting, sistem ruangannya dan letak ampli harus diatur biar soundnya kedenger bagus.

  5. Anonim Sabtu, 14 Februari, 2009  

    kalau ada yang tertarik dalam membuat studio musik tapi bingung bagaimana pengaturan alat2 musiknya atau mslh perendam suaranya, bisa hubungin saya di hookmusicstudiobekasi@gmail.com

  6. tokoalatmusik Minggu, 10 Mei, 2009  

    bilamana ada yang tertarik bisnis studiomusik & sekaligus membuka toko musik jangan lupa hubungi kami di www.tokoalatmusik.com atau email tokoalatmusik@yahoo.com atau HP 0815 20 300 607
    Kami menyediakan harga khusus untuk dealer (reseller).
    Saat ini sudah lebih dari 100 studio & toko musik menjadi pelanggan kami

  7. BIPIE MUSIC STUDIO Jumat, 08 Januari, 2010  

    Tips buat studio yang letaknya harus masuk gank seharusnya ada plang,nah kalo biaya untuk plang yang gratisan coba kerjasama dengan sponsor yang bisa bekerja sama dalam hal studio musik,Sponsor juga dapat memberikan poster frame dan kalo mau dibrand studionya juga bisa jadi eye catching lah istilah bule bilang.

  8. Anonim Sabtu, 09 Januari, 2010  

    ada yang bisa memberikan gambaran BEP dan proyeksi pendapatan per bulan?kalo ada saya minta bantuannya untuk memperkirakan berapa yang bisa didapatkan, karena modal yang cukup besar

  9. Anonim Kamis, 31 Maret, 2011  

    dikontrakan tempat untuk studio musik siap pakai beserta fasilitasnya berupa AC (national) , ruang tunggu 5x4 mter , dan 1 kamar juga lahan parkir menampung kurang lbih 11sepeda motor . posisi studio berada di atas atau di lantai dua . jika anda berminat hub.02191962586 (BOB) 081906097706 (DANIAH). harga per 18 bulan Rp. 11.000.000,- (nego). lokasi di tangerang jatiwaringin mauk . lihat foto e-meil & facebook fslowrock@rocketmail.com

  10. swalayan motor Rabu, 27 Juli, 2011  

    Buka toko spare part & aksesoris motor cuma 15 juta.

    Buka Toko spare part & aksesoris Motor Plus Bengkel Motor Cuma 20 juta.

    Dapatkan Bonus menarik Jutaan rupiah : Diskon, Spesial, Reklame Toko, Baju mekanik dan Kaos GP-1

    Kami berikan Bimbingan dan Konsultasi Gratis.

    WWW.GP1-RACING.COM

    Hubungi :

    CV. Swalayan Motor

    Plaza Taman Niaga Blok F3A, Kota BSB, Semarang.

    Telp: 024-76631162, 08179904068

    Email : swalayanmotor@yahoo.com

    Webesite:www.gp1-racing.com

  11. gitarmedia Senin, 08 Agustus, 2011  

    Infonya bermanfaat sekali sob..
    bagi temen-temen yang mo buka studio musik and butuh gitar electrik ataupun akustik dengan harga yang terjangkau dan kualitas profesional bisa hubungi saya di 081802593502.
    atau kunjungi wesite kami www.gitarmedia.com

    (nitip promo sob...tanks)

    good idea.

  12. Anonim Jumat, 07 Desember, 2012  

    Sip gan

Poskan Komentar